Sukses

Minyak Goreng Naik, Mendag Masih Janji

Kenaikan harga minyak goreng saat ini hampir merata di berbagai daerah. Mendag Mari Elka Pangestu berjanji akan terus mengendalikan serta memantau harga agar tetap terjangkau masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta: Operasi pasar minyak goreng yang digelar pemerintah bersama salah satu produsen di Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat, Rabu (27/2), disambut antusias warga sekitar. Mereka mengaku sangat terbantu di tengah melambungnya harga minyak yang saat ini mencapai Rp 12 ribu per kilogram.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu membenarkan naiknya harga minyak di pasar dunia. Menurut Mari, kenaikan tersebut merupakan dampak dari melonjaknya harga minyak sawit dunia sejak pertengahan Februari ini. Namun dia menjamin pemerintah akan terus mengendalikan harga dengan memantau perkembangan setiap enam bulan sekali agar tetap terjangkau masyarakat.

Kenaikan harga minyak goreng saat ini memang hampir merata di berbagai daerah, seperti di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Kenaikan itu antara lain dikeluhkan warga Ngawi, Jatim. Bila sebelumnya warga masih bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga di bawah Rp 10 ribu per kilogram, kini harga itu sudah melonjak berkisar Rp 12 ribu.

Sejumlah pedagang menuturkan, harga ini terus mengalami perubahan dalam satu pekan terakhir. Untuk menghindari kerugian, mereka tidak punya pilihan lain kecuali ikut menaikkan harga.(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini