Sukses

Harga Beras Naik, Petani Untung

Menyusul kenaikan harga beras dunia, para petani memilih menyimpan gabah dan menjualnya dalam bentuk beras sehingga mendapat keuntungan dua kali lipat. Petani berharap pemerintah tidak mengekspor beras ke luar negeri agar stabilitas pangan tetap terja

Liputan6.com, Medan: Kenaikan harga beras dunia benar-benar menguntungkan dan menggembirakan bagi para petani. Rasiman, seorang petani padi di Medan, Sumatra Utara, misalnya. Kini dia bisa tersenyum bahagia karena harga beras saat ini dilego seharga Rp 6.500 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 3.500 per kilogram.

Selain Rasiman, sebagian besar petani di wilayah Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Marelan, dan Medan Tembung juga ikut merasakan dampak akibat melonjaknya harga beras. Para petani berharap pemerintah tetap mempertahankan ketahanan pangan dalam negeri dan tidak mengekspor beras sehingga bisa menikmati keuntungan bersih setelah dipotong biaya pupuk dan upah produksi. Untuk memperbesar laba, petani memilih menyimpan gabah dan menjualnya dalam bentuk beras agar keuntungannya dua kali lipat.(YNI/Chaerul Dharma dan Cuk Arbianto)