Sukses

Penderita HIV/AIDS di Papua Tertinggi di Indonesia

Jumlah penderita HIV/AIDS di Papua tertinggi di Indonesia. Ketidaktahuan masyarakat tentang cara penularannya membuat warga di Wamena memilih jalan pintas. Seorang penderita HIV/AIDS dikubur hidup-hidup.

Liputan6.com, Jayapura: Jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Papua merupakan yang tertinggi di Indonesia. Salah satu lokasi berkembangnya penyakit mematikan itu adalah tempat hiburan malam di pinggir pantai. Maklum, di daerah ini tidak ada ingar bingar musik atau kerlap-kerlip lampu diskotik. Tapi, di sanalah salah satu tempat seks bebas berlangsung yang bisa berakibat penularan virus HIV/AIDS.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Papua, belum lama ini, tercatat hingga 2007 penderita HIV/AIDS sudah mencapai lebih dari 3.000 jiwa, sebagian besar berusia muda. Semestinya penderita HIV/AIDS membutuhkan dukungan dari lingkungan dan keluarga. Tapi, tak jarang mereka justru mendapat penolakan. Seperti dialami Lukas. Namun, meski tidak mendapat dukungan keluarga dia tidak berpangku tangan. Lukas selalu mengedukasi orang lain soal HIV/AIDS termasuk kepada anak-anak.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar satu setengah juta anak-anak di bawah 15 tahun meninggal karena AIDS. Sehingga sudah semestinya pemerintah daerah memberikan dukungan yang memadai dalam program penanganan penyakit ini.(IAN/Anastasya Putri dan Yanto Sukma)

    Video Terkini