Sukses

Gus Dur: Jaksa Agung Baru Diumumkan Besok

Pengganti mantan Jaksa Agung Baharuddin Lopa yang meninggal dunia akan diumumkan besok. Jaksa Agung yang baru tak perlu pintar, yang penting berani, dan harus bersedia ditunjuk.

Liputan6.com, Jakarta: Menurut rencana, Sabtu besok, Presiden Abdurrahman Wahid akan mengumumkan Jaksa Agung yang baru, pengganti almarhum Baharuddin Lopa. Syaratnya, calon tersebut harus mempunyai keberanian seperti Baharuddin. Penegasan hal itu dikemukakan Presiden Wahid dalam sebuah dialog seusai salat Jumat di Masjid Al Munawaroh, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (06/7).

Menurut Gus Dur, para kandidat pengganti Baharuddin itu cukup berbeda-beda karakternya. Kendati demikian, mereka semua sama-sama memiliki suatu keberanian yang tinggi. "Bukan yang pintar. Tapi mereka harus yang berani," kata Gus Dur, tegas.

Gus Dur menambahkan, para calon Jagung itu masing-masing akan dimintai kesanggupannya untuk memangku jabatan orang nomor satu di Kejaksaan Agung. "Saya akan menanyakan apakah kamu bersedia. Apabila tak bersedia, harus bersedia," kata Presiden Wahid, sambil terkekeh.

Sampai saat ini, jabatan yang ditinggalkan almarhum masih dipegang pejabat sementara Pelaksana Harian Jaksa Agung, Soeparman [baca: Lopa Sakit, Soeparman Pelaksana Harian Jaksa Agung]. Di antara sejumlah calon yang beredar, nama Adnan Buyung Nasution, pengacara senior yang sempat mendekam di penjara, disebut-sebut masuk nominasi.(ORS/Tim Liputan 6 SCTV)
    Video Terkini