Sukses

Artis dan Politik

Saat artis terpilih menjadi pejabat publik, ia harus bisa membuktikan dirinya memiliki kemampuan. Sejumlah nama artis mulai menghiasi bursa caleg di antaranya Derry Drajat, Eko Patrio, Wulan Guritno, dan Rieke Dyah Pitaloka.

Liputan6.com, Jakarta: Partai politik mulai sibuk menyusun calon anggota legislatif untuk Pemilu 2009. Sejumlah partai meyisipkan nama artis untuk menjadi calon Wakil Rakyat. Langkah ini dilakukan di tengah keraguan beberapa kalangan terhadap kemapuan para artis mewakili aspirasi dan kepentingan rakyat.

Nama artis yang menghiasi bursa calon anggota legislatif di antaranya Derry Drajat, Eko Patrio, Wulan Guritno yang diusung Partai Amanat Nasional. Partai Persatuan Pembangunan juga turut mengusung artis menjadi calon anggota legislatif. Rencananya partai berlambang kabah ini akan menggandeng lebih dari 10 selebriti.

Rieke Dyah Pitaloka dan Dedi "Miing" Gumelar akan mengadu nasib di pemilu legislatif diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. "Harapan rakyat yang cukup tinggi terhadap para pimpinan termasuk artis kalau tidak bisa terpenuhi tentunya ada kekecewaan masyarakat," kata Sekretaris Jenderal PDIP Pramono Anung.

Pada mulanya berawal dari popularitas. Namun ketika terpilih, maka harus bisa membuktikan menjadi diri pejabat. "Saya secara pribadi tak dengan tangan kosong. Banyak pengalaman hidup mulai berorganisasi, sosialisasi, bahan pekerjaan saya bukan hanya sinetron," ungkap Derry Drajat dalam Liputan 6 Pagi, Sabtu (9/8).

Sementara pedangdut Ayu Soraya yang mendaftar menjadi calon wakil wali kota Tegal bertekad membuktikan layak dipilih. "Ingin menjadikan masyarakat Tegal lebih madiri, sejahtera dalam pendidikan, kesehatan, pengangguran, dan sebagainya," kata Ayu [baca: Ayu Soraya Daftar Jadi Calon Wakil Wali Kota].

Fenomena artis terjun ke politik memang sedang marak. Keberhasilan Dede Yusuf sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat atau Rano Karno menjadi Wakil Bupati Tangerang bisa saja menjadi inspirasi bagi artis lain untuk turut mengadu peruntungan. Rano Karno, misalnya. Kehidupannya berubah saat mulai merambah ke panggung politik.

Rano "Si Doel" Karno kini menjalani bentuk kehidupan baru yang jauh berbeda dengan dunia keartisan. Pakaian dinas menjadi bagian kelengkapannya. Berbagai kesibukan sebagai birokrat termasuk mengikuti upacara di lapangan bagian dari rutinitasnya. Dan mungkin dia juga sering ke daerah-daerah melihat rakyatanya.

Popularitas artis memang berpotensi mendulang suara bagi partai politik. Namun tugas caleg ketika terpilih menjadi wakil rakyat adalah mewakili aspirasi dan kepentingan masyarakat. Ketika seorang selebriti akan melangkah menjadi Wakil Rakyat, sudahkah memiliki kemampuan itu?(YNI/Tim LIputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini