Sukses

Selain Formalin, Ayam Juga Disuntik Angin

Dinas Kesehatan Kota Depok, Jabar, dini hari tadi, merazia ratusan ayam di Pasar Kemiri Muka karena diduga mengandung formalin. Tak hanya formalin, para pedagang juga diduga menyuntikkan angin ke badan ayam agar terlihat lebih berat dan segar.

Liputan6.com, Depok: Aparat Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (12/9) dini hari, menggelar razia di Pasar Kemiri Muka. Dari operasi ini ditemukan semjulah bekas suntikan di beberapa bagian tubuh ayam seperti paha, dada, dan celah sayap. Ayam ini diduga memakai formalin. Selain diberi formalin, ayam-ayam ini juga disuntik angin. Tujuannya agar ayam terlihat lebih gemuk dan berat sehingga bisa dijual lebih lebih mahal.

Dalam sidak ini, satu alat suntik angin yang disembunyikan pedagang disita sebagai barang bukti. Namun, tak ada penyitaan terhadap ayam berfomalin dan suntik angin ini. Dinas Pertanian serta Kesehatan Kota Depok mengaku operasi ini dilakukan untuk memberi efek jera kepada para pedagang ayam. Penindakan baru dilakukan jika mereka kembali mengulangi perbuatannya.(BOG/Nahyudi)