Sukses

Gelar Melasti, Umat Hindu Banten Siap Laksanakan Nyepi

Ratusan umat Hindu Banten melakukan upacara adat Melasti di kawasan Pantai Salira, Desa Salira, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang.

Liputan6.com, Serang - Ratusan umat Hindu Banten melakukan upacara adat Melasti di kawasan Pantai Salira, Desa Salira, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, siang tadi. Upacara Melasti digelar 3 hari sebelum Nyepi yang bertujuan menyucikan diri kembali.

"Sehingga apa yang kita perbuat, apa yang menempel di tubuh kita, dapat ikut serta hanyut ke laut. Sehingga kita menjadi bersih kembali sebelum melakukan tapa brata," terang Ngurah Wijaya, salah satu tokoh adat Hindu yang tinggal di Kota Serang ini, Sabtu (29/3/2014).

Dalam upacara melasti ini, warga Hindu Banten melakukan larung ke laut yang bertujuan menyucikan diri kembali. Barang-barang yang dilarung beraneka ragam, seperti pakaian, sepatu, sandal, hingga pakaian dalam.

Para umat Hindu Banten ini menggunakan pakaian khas yang persis sama digunakan oleh umat Hindu Bali. "Harapannya, apa yang kita perbuat sesuai ajaran agama, dapat menghasilkan sesuatu yang baik setelah tapa brata nanti," lanjutnya sembari melanjutkan ritual Melasti.

Demi kelancaran ritual melasti di Pantai Salira, Kabupaten Serang ini, pihak Polisi Resort (Polres) Cilegon berjaga-jaga di beberapa titik.

Baca juga:

Ritual Melasti Umat Hindu Palu Berlangsung Khidmat

[VIDEO] Jelang Libur Nyepi dan Akhir Pekan, Pantura Macet

Jelang Hari Raya Nyepi, Pantai Kuta Dipadati Umat Hindu

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini