Sukses

Dukung UMKM Indonesia, KBRI Apresiasi Adanya Kehadiran Kopiteori Merk Lokal Makassar di Singapura

Kopiteori yang merupakan coffee shop merk lokal Makassar, berhasil menjadi UMKM Indonesia dan membuka outlet di Singapura hingga mendapat perhatian Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini di Indonesia ada cukup banyak usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Termasuk coffee shop atau kedai kopi kreasi anak muda Indonesia.

Salah satunya adalah Kopiteori yang merupakan coffee shop merk lokal Makassar. Kopiteori siap memberikan pengalaman tentang kopi, telah hadir sejak 2014 dan berlokasi di Jalan Beruang Nomor 20, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Dalam perjalanannya hingga saat ini, Kopiteori terus konsisten memberikan yang terbaik dalam cita rasa kopi lokal dan menjadikannya sebagai coffee shop yang selalu dituju bagi penikmat kopi di Kota Makassar, luar Pulau Sulawesi, sampai mancanegara.

Kopiteori berkembang dari yang awalnya hanya 1 outlet menjadi total 8 outlet di tahun 2023. Lalu pada 13 September 2023, outlet Kopiteori ke-8 resmi dibuka di Singapura dan menjadi momentum perkenalan kopi lokal dari Indonesia yakni kopi Toraja.

Dan rupanya, Kopiteori mendapat perhatian dari Pemerintah Indonesia lewat Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Singapura. Pada Jumat (27/10/2023), Kopiteori bertemu langsung dengan Duta Besar atau Dubes RI untuk Singapura H.E. Suryo Pratomo di Kantor KBRI di Singapura.

Dalam kesempatan tersebut, Suryo menyampaikan sejumlah hal terkait perkembangan tren kopi di Singapura, termasuk nilai kopi Indonesia mulai dari biji kopi sampai menjadi minuman yang siap dinikmati dengan nilai tinggi.

"Para pelaku UMKM yang membangun usaha dari yang kecil harus bisa berkembang dan menjadi besar, bukan malah menjadi kecil. Oleh karena itu, para pelaku UMKM tidak usah bersedih karena dari usah yang kecil tadi bisa menjadi besar," ujar Suryo melalui keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Dia pun mengingatkan peran penting para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bisa berkembang sampai ke mancanegara.

"Terkait produk Kopiteori, seperti kemasan produk, harus diperhatikan sampai dengan standar kebersihan dan nilai kesehatan makanan atau minuman yang harus terus dijaga dan dicek secara berkala mengikuti standar yang diterapkan oleh pemerintah Singapura," terang Suryo.

Selain itu, jajaran dari KBRI di Singapura juga ikut memberikan masukan terkait ekspor kopi dan nilai ekspornya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Kolaborasi

Sementara itu, Trade Attache di KBRI Singapura Billy Anugrah menyampaikan program pendirian House of Beans (HOB) yang diusung oleh KBRI di Singapura dan bertujuan mendorong promosi kolaboratif kopi Indonesia.

"Pendirian HOB ini akan diluncurkan pada November 2023 di Singapura. Masukan lainnya terkait bagaiamana Kopiteori bisa benar-benar membawa cita rasa Indonesia khususnya Makassar selain kopi Torajanya yaitu makanan-makanan tradisional khas Makassar," jelas Billy.

Kemudian, menurut Head Economic Department KBRI Singapura Hastin A.B Dumadi, makanan khas Makassar perlu juga hadir sebagai teman minum kopi di Kopiteori.

"Misalnya seperti barongko, pisang epe, dan es pisang ijo juga sebaiknya dimasukkan dalam menu," kata Hastin.

Founder Kopiteori Uncle Trian sangat mengapresiasi pertemua bersama Duta Besar RI untuk Singapura dan jajarannya.

"Pertemuan tersebut adalah suatu bentuk dukungan nyata yang diberikan dalam memajukan UMKM. Kopiteori tidak hanya soal menikmati kopi saja tapi juga ikut memberikan edukasi lewat pelatihan terkait kopi melalui Uncle Trian Studi (UTS) dan diharapkan juga bisa terwujud di Kopiteori Singapura," papar Uncle Trian.

 

3 dari 3 halaman

Undang Langsung

Uncle Trian pun mengundang Dubes RI untuk Singapura dan jajarannya agar berkunjung ke Kopiteori. Keputusan Uncle Trian membuka outlet di Singapura adalah suatu sikap keberanian dalam membawa dan memperkenalkan cita rasa kopi lokal dari Indonesia.

"Pepatah dari Makassar menyebutkan, sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai, yang berarti semangat kepribadian yang pantang mundur” menjadi satu tekad kuat untuk Kopiteori agar terus maju," jelas dia.

Kopiteori di Singapura berlokasi di Jalan North Bridge 769 dan buka pada hari Minggu sampai Kamis pada pukul 11.00-21.00 waktu Singapura dan Jumat sampai Sabtu pada pukul 12.00-23.00 waktu Singapura.

"Semoga kehadiran Kopiteori di Singapura bisa memberikan warna dan pengalaman baru dalam menikmati kopi Indonesia," tandas Uncle Trian

Diketahui hingga saat ini, jumlah pengunjung dan outlet Kopiteori mengalami peningkatan walaupun telah melalui masa pandemi Covid-19. Kopiteori berkembang dari yang awalnya hanya 1 outlet menjadi total 8 outlet di tahun 2023.

Terdapat 7 outlet di Indonesia, 6 di antaranya berada di Kota Makassar yaitu Kopiteori Beruang yang menjadi induk sekaligus lokasi produksi (roastery), Kopiteori New Chapter, Kopiteori Funtastic Four, Kopiteori Miniverse, Kopiteori Studio, Kopiteori Mall Ratu Indah dan Kopi Teori Seven di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Kopiteori yang telah menjadi pelopor tren kopi specialty di Kota Makassar dan telah terindeks dalam daftar coffee shop berlabel halal LPPOM MUI ini, akhirnya membuka outlet di luar negeri yaitu Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.