Sukses

Persiapan Jelang Uji Coba ERP

ERP atau jalan berbayar adalah program pemprov DKI Jakarta yang diunggulkan mampu mengurai kemacetan di Ibukota.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah petugas bekerja di sekitar Bundaran Tugu Api kawasan Senayan, Jakarta Selatan tak kunjung berhenti. Aktivitas itu sebagai bagian dari persiapan jelang uji coba penerapan program Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (28/52014), ERP atau jalan berbayar adalah program pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta yang diunggulkan mampu mengurai kemacetan di Ibukota.

ERP menerapkan sistem layaknya jalan tol, namun lebih praktis. Pengguna kendaraan tak perlu berhenti untuk membayar saat melalui ruas jalan atau kawasan ERP.

Hal itu dikarenakan chip yang terpasang di kendaraan terhubung dengan gerbang ERP. Pembayaran akan dilakukan secara autodebet dengan pihak bank yang bekerjasama dalam program ini.

Uji coba rencananya akan dilakukan pada bulan Juli. Hal itu untuk mempelajari sejauh mana penerapan program ini dapat berjalan dan menilai efektifitas dari kebijakan guna mengurangi penggunaan volume kendaraan.

Tahap awal ERP dipasang di koridor 1 Blok M-Kota dan tahap 2 di Harmoni-Pulogadung. Sistem ini mampu mendeteksi jika kendaraan tidak terpasang chip Obu dan merekam plat kendaraan. Kendaraan ini nantinya akan ditilang dan surat tilang akan dikirim ke alamat rumah.

Surat tilang berisi jam dan tanggal saat kendaraan melanggar. Bila tidak membayar, denda tilang akan diakumulasikan pada saat pembayaran pajak tahunan.