Sukses

Gudang di Sukapura Terbakar, Ratusan Motor Hangus

Diperkirakan kerugian lebih dari Rp 3 milliar.

Liputan6.com, Jakarta - Gudang milik perusahaan ekspedisi terbakar sejak pukul 11.30 WIB. Gudang itu terletak di Jalan Tipar Cakung, RT 04 RW 05, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.  Selain melahap bangunan, si jago merah juga menghanguskan ratusan sepeda motor siap kirim. Akibat kebakaran ini, ditaksir kerugian lebih dari Rp 3 miliar.

Kepala Seksi Operasinal Sudin Damkar dan PB Jakarta Utara Muchtar Zakaria mengatakan, dari informasi di lapangan jumlah sepeda motor siap kirim yang hangus terbakar, 400 buah.

"Kita belum tahu pasti angka kerugiannya berapa. Kalau dari motor yang terbakar saja lebih dari Rp 3 milliar, belum bangunan yang terbakar," ucap Muchtar di lokasi kebakaran, Jakarta, Minggu (8/6/2014).

Muchtar mengaku sempat kesulitan mencapai lokasi karena kemacetan. Selain itu, sumber air yang jauh dan sangat minim mengharuskan petugas mencari sumber air yang cukup jauh dari lokasi kebakaran.

"Sekitar satu jam api sudah kita kuasai agar tidak merambat ke permukiman warga. Saat ini kita lakukan pendinginan di gudang yang terbakar," ujar Muchtar.

Beruntung, sebanyak 15 unit pemadam kebakaran yang tiba di lokasi dapat menjinakkan api, sehingga tidak menyebar ke permukiman penduduk yang tepat berada dibelakang gudang. Petugas baru dapat memadamkan api sekitar 1 jam kemudian.

Roy (42), salah seorang warga RT 04 RW 05, Sukapura, yang juga menjadi saksi kebakaran, mengaku ia dan beberapa warga lainnya sempat dikagetkan oleh kepulan asap dari arah gudang, yang berada tepat di belakang pemukimannya.

Sontak, Roy dan beberapa warga lainnya yang melihat kepulan asap pekat itu bergegas mendatangi lokasi dan memadamkan api yang terus membesar.

"Kita datang, api sudah membesar dari dalam gudang. Yang dikhawatirkan, api merambat ke pemukiman kami," kata Roy.

Seorang anggota kepolisian yang berada di lokasi, Aiptu Supangat, mengatakan satu orang warga terluka saat membantu pemadaman, yakni Mardani (45), warga RT 06 RW 05, Sukapura. Ia terpaksa dilarikan ke RSUD Koja karena luka sobek di bagian kepala dan lengan kanan.

"Kita masih selidiki penyebab kebakaran. Dari informasi awal, kemungkinan karena percikan api dari las listrik saat salah seorang karyawan sedang bekerja," tutur Supangat. (Sun)

Video Terkini