Sukses

SBY: Kebaikan Para Pahlawan Juga Jalan Kami

SBY mengajak seluruh elemen bangsa agar tidak melupakan perjuangan para pahlawan Indonesia yang telah membuat Indonesia merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya diterangi obor, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampak khusyuk memimpin apel kehormatan dan malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan atau TMP Kalibata, Jakarta Timur.

Apel kehormatan digelar untuk memperingati 69 tahun Indonesia Merdeka. Dalam pidatonya, SBY yang hadir bersama Ibu Ani Yudhoyono dan juga Wakil Presiden Boediono beserta istri mengajak seluruh elemen bangsa agar tidak melupakan perjuangan para pahlawan Indonesia yang telah membuat Indonesia merdeka.

"Acara ini mengenang pahlawan yang telah bersemayam sebanyak TNI dan Polri 8.692 pahlawan, badan perjuangan 791 pahlawan dan tokoh nasional 39, tidak dikenal 43. Jumlah 9565 pahlawan," kata SBY dalam pidatonya yang bertindak sebagai inspektur upacara, Minggu (17/8/2014).

Selain harus terus mengingat dan juga mengenang jasa para pahlawan yang disemayamkan di TMP Kalibata, SBY memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya pada seluruh arwah pahlawan. Baik yang tertulis di batu nisan makam maupun yang berada di lautan karena membela Tanah Air.

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya. Di kota Dusun Lereng, Lembah Ngarai, dan dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya," tutur SBY.

Terakhir, SBY mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas keikhlasan dan keridhoan para pahlawan yang berjuang demi kemajuan nusa dan bangsa. SBY menegaskan serta bersumpah dan berjanji akan melanjutkan apa yang dicita-citakan para pahlawan.

"Kami bersumpah, berjanji, perjuangan semua itu adalah perjuangan kami juga. Jalan kebaikan saudara adalah jalan kami juga. Kami berdoa arwah saudara diterima Tuhan Yang Maha Esa," pungkas SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini