Sukses

Jubir KMP: Damaikan DPR, Ketua Umum Parpol Harus Duduk Bersama

Jubir Koalisi Merah Putih Tantowi Yahya mengaku tidak mempermasalahkan jika AKD dipilih ulang, dengan catatan semua parpol duduk bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Kisruh di DPR RI yang dinilai menghambat kerja dewan semakin berlarut-larut. Masalah ini dinilai dapat selesai, jika para ketua umum parpol duduk bersama.

"Saya kira ini di level kita (fraksi di DPR) sudah cukup. Jadi tinggal ketua partai untuk duduk bersama," ujar Juru Bicara Koalisi Merah Putih Tantowi Yahya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, para ketua umum parpol dari Koalisi Merah Putih (KMP) atau barisan pendukung Prabowo Subianto sudah siap duduk bersama. Namun, dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) atau barisan pendukung Joko Widodo alias Jokowi masih belum dicapai kesepakatan.

Menurut Tantowi, jika para pimpinan parpol belum duduk bersama, kisruh di DPR akan tetap berlarut-larut. Sebab, para kader parpol akan tunduk dengan azaz partai yang disampaikan ketua umumnya.

"(Untuk duduk bersama) belum diupayakan dari pihak sana (Koalisi Indonesia Hebat). Ya beginilah, karena kader partai ini masih taat asas makanya dia akan tunduk," jelas mantan Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) itu.

Mantan presenter kondang itu mengaku, tidak mempermasalahkan jika pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dipilih ulang, dengan catatan semua parpol duduk bersama. "Kita kan kader partai, semuanya itu harus duduk membicarakan masalah tersebut," pungkas Tantowi.

Kisruh di DPR bermula ketika pimpinan DPR/MPR diduduki oleh Koalisi Merah Putih. Begitu juga dengan pimpinan DPD dan Komisi DPR. Koalisi Indonesia Hebat akhirnya melakukan mosi tidak pecaya kepada pimpinan DPR dan membentuk pimpinan DPR tandingan, dengan memilih politisi senior PDIP Pramono Anung sebagai Ketua DPR sementara. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.