Sukses

Hadiri Cerdas Cermat di MPR, JK Ingatkan Persatuan Bangsa

Tak lupa, JK pun mengingatkan akan perjuangan para pahlawan Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka acara final 'Cerdas Cermat MPR RI' tahun 2014, di Nusantara V Gedung MPR, Senayan, Jakarta. Mengenakan batik berwarna merah, JK disambut Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Final cerdas cermat sendiri akan mempertemukan 3 tim terbaik yang sudah melewati beberapa tahap kompetisi. Ketiga finalis itu adalah SMAN 2 Kota Serang, MAN 2 Pontianak dan SMAN 1 Kerambitan.

Dalam sambutannya, JK mengingatkan dan menekankan pentingnya kebersamaan untuk jadi bangsa yang utuh. Menurut dia, cerdas cermat itu sebenarnya juga bertujuan untuk kembali mengingat dasar-dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jadi ini kan hanya cara agar pemahamam generasi muda akan dasar-dasar negara, UUD 1945, Pancasila, dan Kebhinnekaan kita itu selalu menjiwai generasi muda ini. Bukan cerdas cermatnya, tapi ini hanya cara bagaimana mengingat kembali dasar berbangsa dan bernegara," kata JK di Gedung MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/11/2014).

Tak lupa, JK pun mengingatkan akan perjuangan para pahlawan Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November.

"Hari ini hari pahlawan, di mana para pahlawan dan pejuang kita mengorbankan jiwa dan raganya. Itu karena kita diikat oleh Pancasila yang mempersatukan kita agar menjadi bangsa yang satu," beber JK.

Mantan Ketua Umum Golkar ini berharap generasi muda khususnya pelajar bisa memaknai hari pahlawan ini dengan penuh penghayatan dan menjadikan cita-cita penerus bangsa yang lebih maju.

"Bagi Anda generasi muda, tentu anak-anakku semua ini ingin negeri ini berbeda. Satu bangsa hanya bisa maju pertama harus ada kebersamaan. Semangat hari ini adalah melanjutkan cita-cita semangat para pahlawan," tandas JK. (Ans)