Sukses

Keberhasilan Erick Thohir Pimpin BUMN Bikin Dukungan Maju Cawapres Terus Meningkat

Elektabilitas Erick Thohir di sejumlah survei terus melejit sebagai figur kandidat Cawapres 2024. Hal ini tak lepas dari kinerja menterengnya di Kementerian BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewujudkan transformasi di tubuh BUMN membawa berkah elektoral bagi. Dukungan Erick Thohir maju menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) terus meningkat signifikan.

Hal itu diamini Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago. Dia menyampaikan bahwa banyak hasil kerja Erick Thohir yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN.

Menurut dia, kinerja Erick Thohir begitu optimal sebagai menteri pembantu presiden. Kondisi itu pun turut membuat pandangan publik terhadap Erick Thohir semakin positif.

"Beliau mampu memaksimalkan posisinya sebagai Menteri BUMN dengan pengelolaan program yang terasa langsung oleh publik,” ujar Arifki kepada wartawan, Rabu (21/12/2022).

Beberapa gebrakan Erick Thohir yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat antara lain KUR, Mekaar, Makmur, Sembrani Fund, Merah Putih Fund, Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop, Rumah BUMN, sampai PaDi BUMN.

Di sisi lain, dia menilai bahwa figur Erick Thohir saat ini banyak disukai kalangan anak muda atau kelompok milenial. Hal ini tentu didukung oleh latar belakang mentereng Erick Thohir termasuk keterlibatannya di bidang olahraga.

“Erick Thohir juga dianggap sebagai figur yang dekat dengan anak muda dan olahraga,” kata Arifki.

Erick Thohir merupakan figur yang dikenal aktif di bidang olahraga hingga level Internasional. Erick Thohir pernah menjadi Presiden Inter Milan, pemilik klub NBA Philadelphia 76ers, hingga Ketua Asian Games 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Erick Thohir Melejit

Elektabilitas Erick Thohir melejit jelang Pemilu 2024. Menteri BUMN itu menduduki posisi pertama dalam survei dan simulasi capres dan cawapres dari berbagai lembaga. Namanya moncer sebagai cawapres yang terkuat.

Teranyar, Erick mencuat bersama sejumlah gubernur di Jawa sebagai salah satu kandidat cawapres terkuat dalam survei yang dilakukan Poltracking Indonesia.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha menuturkan, mencuatnya elektabilitas Erick Thohir tidak terlepas kuatnya relasi sang Menteri BUMN dengan Presiden Jokowi. Alhasil, di provinsi yang menjadi basis Jokowi, elektabilitas Erick melejit di posisi teratas. Di samping itu, lanjut Hanta, pemilih Ganjar Pranowo punya kecenderungan kuat memilih Erick Thohir sebagai cawapresnya.

"Cawapres yang tertinggi di Jawa Tengah yang menarik adalah Erick Thohir. Karena punya brand connecton dengan Ganjar. Pemilih Ganjar lebih prefer ke Erick Thohir. Karena itu Erick Thohir cukup tinggi dengan 25 persen dan Ridwan Kamil 10 persen," ujar Hanta dalam keterangannya, Kamis (15/12).

Tak hanya di basis Jokowi, elektabilitas Erick provinsi DKI dan Jawa Barat yang selama ini dikenal sebagai wilayah sengit pertarungan pemilu, juga tinggi. Di DKI, Erick duduk di peringkat kedua dan ketiga di Jabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.