Sukses

Banser Solo Kerahkan 300 Personel Amankan Gereja saat Natal

Sebelum diterjunkan untuk ikut pengamanan Natal, para anggota Banser terlebih dahulu berkumpul di Mapolresta Solo.

Liputan6.com, Solo - ‎Jelang perayaan Natal, Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Solo ikut mengerahkan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk ikut serta mengamankan gereja. Jumlah anggota Banser Solo yang dikerahkan untuk pengamanan perayaan Natal mencapai 300 personel.

Ketua PC GP Ansor Solo Muhammad Anwar mengatakan, salah satu lokasi yang diamankan adalah Gereja GBIS Kepunton yang dulu pernah mendapat aksi bom bunuh diri.

"Nanti para anggota Banser akan disebar di sejumlah titik untuk membantu pengamanan, di antaranya Gereja Kepunton, Bethani, El Shaday, dan gereja yang terletak di belakang Korem. Jumlah ada ada sekitar 8 gereja," kata Anwar, Rabu (24/12/2014).

Anwar mengatakan, 300 personel Banser yang dikerahkan, tiidak hanya dari Banser Solo, namun juga dari anggota Banser di wilayah eks Karesidenan Surakarta. "Kami meminta bantuan dari Banser luar Solo untuk ikut mengamankan membantu Polisi pada Natal tahun ini. Selain berjaga di gereja, anggota Banser juga ada yang siaga di kantor PC NU Solo," sebut dia.

Sebelum diterjunkan untuk ikut pengamanan ini, lanjut dia, para anggota Banser terlebih dahulu berkumpul di Mapolresta Solo untuk mengikuti apel upacara. "Kami ikut upacara di halaman Polresta dulu," ujar dia.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iriansyah mengatakan, pengamanan perayaan Natal, selain melibatkan petugas polisi, Brimob dan TNI, juga dibantu pengamanan dari satgas ormas dan satgas parpol.

"Satgas yang berasal dari ormas di antaranya berasal dari Banser, MTA. Sedangkan satgas dari parpol diantaranya berasal dari satgas PDIP. Mereka akan ikut membantu pengamanan perayaan Natal," tukas Iriansyah. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini