Sukses

Dipasang Alat Deteksi Banjir, Warga Tak Telat Lagi Kemasi Barang

Pemasangan alat pendeteksi banjir yang merupakan hibah dari perusahaan Jepang itu bertujuan untuk meminimalisasi kerugian akibat banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Alat pendektesi dini atau pemantau datangnya banjir dipasang di sebuah bangunan Karang Taruna di RW 03 Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan Selasa siang kemarin (13/1/2015).

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (14/1/2015), pemasangan alat hibah dari perusahaan Jepang itu bertujuan untuk meminimalisasi kerugian akibat banjir.

Dengan alat yang dilengkapi teknologi radio itu, beberapa jam sebelum datang banjir akan ada sinyal atau peringatan dari pusat pengendalian banjir di Balaikota. Setelah itu akan diikuti dengan bunyi sirene, selanjutnya pemberitahuan petugas kepada seluruh warga melalui pengeras suara.

Para warga mengaku gembira atas pemasangan alat itu karena mereka bisa menyelamatkan diri termasuk mengamankan barang berharga sebelum air merendam. Selama ini, para warga kerap terlambat menyelamatkan barang jika datang banjir.

Selain di Ulujami, pemasangan alat serupa juga akan dilakukan di 4 wilayah lainnya yang menjadi langganan banjir di Ibukota. Tempat itu diantaranya Rawa Buaya, Jakarta Barat. Lalu Kampung Melayu dan Bidara Cina, Jakarta Timur, serta Petogogan, Jakarta Selatan. (Vra/Ali)

Video Terkini