Sukses

Kepala Basarnas Kunjungi Lokasi Pencarian AirAsia QZ8501

Soelistyo menuturkan, tim SAR gabungan saat ini memprioritaskan pencarian jenazah korban yang terjebak dalam badan pesawat AirAsia.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Pertama TNI Bambang Soelistyo tiba di Posko Utama Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Kedatangannya untuk meninjau lokasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (15/1/2015), Soelistyo tiba dengan pesawat komersil sekitar pukul 11.50 WIB. Setibanya di Lanud Iskandar, Soelistyo mengatakan, ingin bertemu dengan tim SAR gabungan.

"Saya ke situ tentu ingin melihat anak-anak di sana, dalam rangka penyelaman untuk mencari korban. Ketemu sama tim evakuasi, Pemda, dan masyarakat," kata Soelistyo di Posko Utama AirAsia, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Soelistyo menuturkan, tim SAR gabungan saat ini memprioritaskan pencarian jenazah korban yang terjebak dalam badan pesawat.

"Dan penyelaman maksimal dilakukan untuk mencari dan mengevakuasi korban. Kalau sudah tidak ada lagi korban, maka baru diangkat badan pesawat itu," tutur dia.

"Saya tidak mau muter-muter angkat bodi (pesawat), diselamin dulu. Nanti kalau sudah tidak ditemukan lagi, baru bodi pesawat diangkat," tandas Soelistyo.

Rabu 14 Januari 2015 kemarin, tim SAR gabungan berhasil menemukan badan pesawat AirAsia QZ8501. Jarak ditemukannya badan pesawat dengan lokasi ekor AirAsia cukup jauh, sekitar 3 ribu meter atau 3 kilometer.

Badan pesawat ini ditemukan oleh Kapal Singapura SSS Swift. Setelah objek terdeteksi, petugas di kapal melaporkan temuan itu kepada Basarnas. Basarnas lalu meminta petugas kapal menurunkan robot bawah air atau remotely operated vehicle (ROV) untuk memotret badan pesawat itu.

Basarnas menerjunkan penyelam pagi ini untuk melihat dan mencari korban yang kemungkinan masih ada di dalam badan pesawat AirAsia. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.