Sukses

Panglima TNI: Kami Siap Bantu Basarnas Angkat Badan AirAsia

Rencananya hari ini badan dari burung besi AirAsia QZ8501 akan diangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pesawat AirAsia QZ8501 telah ditemukan. Rencananya hari ini bagian dari burung besi yang terbang dari Surabaya menuju Singapura pada 28 Desember 2014 tersebut akan diangkat.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan siap membantu Tim SAR. Namun, dirinya harus menunggu komando dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

"Badan pesawat memang sudah ditemukan, Basarnas perlu bekerja, tapi kalau perlu bantuan kita (TNI) siap turun," ujar Jenderal Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (15/1/2015).

Jenderal Moeldoko pun menegaskan, pihaknya telah bersiap jika memang akhirnya mendapat instruksi untuk membantu evakuasi badan pesawat AirAsia tersebut. Selain itu, peralatan untuk mengangkat badan pesawat tersebut juga telah disiapkan.

"Kita sudah siapkan KRI Banda Aceh, alat pun sudah kita siapkan, tinggal tunggu komando saja," tegas Moeldoko.

Tim SAR telah menemukan badan pesawat AirAsia QZ8501. Namun, saat ditemukan, badan pesawat sudah tak lengkap. Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo melaporkan penemuan tersebut pada Rabu 14 Januari pukul 15.05 WIB.

Soelistyo menegaskan akan melakukan penyelaman dulu untuk melihat ada korban AirAsia atau tidak. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.