Sukses

JK Dijadwalkan Buka Kongres Umat Islam Indonesia di Yogya

Sedangkan Presiden Jokowi akan hadir pada Rabu (11/2/2015) untuk menutup kongres.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ketua MUI Din Syamsuddin mengaku jika Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI siap digelar. Menurut dia, semua persiapan sudah matang dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan membuka kongres di Pagelaran Kraton, Yogyakarta.

Kongres akan dilaksanakan selama 3 hari. Mulai Senin (9/2/2015) hingga Rabu (11/2/2015). Acara pembukaan rencananya digelar di Pagelaran Kraton, Yogyakarta. Sedangkan kongres digelar di Hotel Inna Garuda dan penutupan dilakukan di Gedung Agung.

"Persiapan sudah mantap. Kongres bisa dimulai pukul 10.00 WIB di pagelaran kraton. Akan dibuka oleh Wapres JK. Sementara Presiden Jokowi baru bisa hadir pada Rabu untuk menutup acara kongres," ujar Din di ruang Bima Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Minggu (8/2/2015) malam.

Din mengatakan hampir seluruh peserta sudah datang di Hotel Inna Garuda. Selain peserta, kongres KUII juga dihadiri para Sultan di Nusantara.

"Peserta sudah berdatangan. Ulama di Indonesia ataupun ulama di propinsi dan tokoh umat Islam. Dan tokoh perorangan dan cendekiawan muslim termasuk dihadiri para sultan Nusantara seperti Sultan Iskandar Mahmud dari Palembang 42 orang," jelas Din.

Din menyebut kongres diawali dengan perkenalan atau taaruf di Hotel Inna Garuda pada Minggu 8 Februari 2015 malam. Ketua MPR Zulkifli Hasan akan menjadi host dalam acara yang dihadiri para tokoh ormas dan agama tersebut.

Namun Zulkifli tak dapat hadir dalam acara tersebut. Hal ini lantaran penerbangan yang akan ditumpanginya dari Lombok menuju Yogyakarta tertunda karena cuaca buruk.

Meski begitu, menurut Ketua Panitia Pelaksana Acara KUII, Anwar Abbas, mantan menteri kehutanan ini akan hadir pada acara kongres. (Ali)