Sukses

Operasi Dapat Menyembuhkan Epilepsi

Penyakit epilepsi atau ayan sekarang bisa disembuhkan melalui operasi. Penderita epilepsi di Indonesia diperkirakan mencapai ratusan orang.

Liputan6.com, Semarang: Titik terang bagi penderita epilepsi kian terbuka lebar. Soalnya, secara medis penyakit ayan bisa disembuhkan melalui operasi. Meski belum dikenal luas, alternatif pengobatan dengan operasi telah membuka harapan pasien untuk sembuh. Hal itu telah dilakukan sejumlah dokter di Rumah Sakit Telogorejo, Semarang, Jawa Tengah, yang mengoperasi 20 penderita epilepsi secara gratis, baru-baru ini.

Pakar bedah syaraf Dr. Zainal Muttaqin Sp. Bs. Phd. mengungkapkan, berdasarkan data statistik jumlah penderita epilepsi di Indonesia mencapai 400 orang di antara satu juta penduduk. Umumnya, mereka bersikap pasrah menerima penyakit itu karena tak memiliki biaya pengobatan. Penderita ayan juga praktis tersingkir dari kehidupan sosialnya. Sebab, masyarakat kerap menganggap mereka menderita penyakit jiwa.

Perlakuan masyarakat terhadap penderita ayan dibenarkan seorang pasien bernama Budi Tresnawan. Dia menderita penyakit itu, lebih dari 24 tahun sebelum disembuhkan melalui operasi. Sebelumnya, Budi hanya berobat dengan menelan obat sekadar mengurangi frekuensi kejang saat penyakitnya kambuh.(KEN/Yudi Sutomo)
    Video Terkini