Sukses

Menteri Marwan Sebut Ada 15 Anak Transmigran Jadi Profesor

Menteri Marwan menyebut 20 juta warga transmigran dan anggota keluarganya kini hidup mandiri di tempat transmigrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menegaskan program transmigrasi telah banyak mengalami kemajuan. Lebih dari 20 juta warga transmigran dan anggota keluarganya kini hidup mandiri di tempat transmigrasi dari Aceh hingga Papua.

"Saat negeri ini mengalami kerentanan penyediaan pangan, justru transmigrasi mengembangkan sumber daya lahan bagi usaha-usaha produktif hingga mencapai lebih dari 4 juta hektare. Bahkan menjadi sentra-sentra produksi pangan dan perkebunan yang menjadikan posisi Indonesia sebagai penghasil CPO terbesar di dunia," ujar Menteri Marwan di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia menambahkan, banyak keluarga transmigran yang sudah sukses. Bahkan di antaranya menjadi pengusaha, konsultan, dan dokter.  

"Saya sangat berharap peran aktif lebih ditingkatkan untuk mendukung percepatan terwujudnya kemandirian permukiman dan kawasan transmigrasi,” pinya Menteti Marwan.

Saat ini, lanjut dia, anak-anak transmigran yang berhasil meraih gelar guru besar atau profesor sekitar 15 orang, doktor sekitar 60 orang. "Dan yang berhasil meraih pendidikan S2 sejumlah lebih dari ratusan orang serta S1 ribuan orang," imbuh dia.

Untuk berhasil, Menteri Marwan mengatakan, harus menjaga dan memperkuat kemandirian. Karena kemandirian adalah dasar dari kekuatan, ketahanan dan kemampuan RI untuk terus maju sebagai bangsa.

"Kemudian juga memiliki daya saing yang makin tinggi." tukas Menteri Marwan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini