Sukses

Muallaf Tionghoa Ramaikan Imlek dengan Lomba Kreasi Hijab

Dalam lomba ini, para muallaf Tionghoa dibebaskan mengkreasikan model jilbab sesuai selera mereka.

Liputan6.com, Surabaya - Ratusan wanita Tionghoa yang baru masuk Islam (muallaf) turut meriahkan perayaan Imlek. Mereka menggelar lomba kreasi beragam hijab di Masjid Cheng Ho, Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Humas Komunitas Wirausaha Muslim, Wirawan Dwi, pada momen Imlek ini biasanya mereka saling silaturahmi dengan saudaranya sesama etnis Tionghoa, baik itu muslim maupun non muslim.

Dirinya beralasan, dengan adanya lomba kreasi hijab ini, identitas muslimah para muallaf Tionghoa akan terlihat dan dapat menjadi syiar tersendiri serta mengenalkan Islam kepada etnis Tionghoa.

"Islam akan lebih dikenal lagi di kalangan teman-teman Tionghoa. Goal (tujuan) akhirnya dari lomba tersebut akan menambah jumlah muallaf dengan model getok tular. Karena teman-teman yang nonmuslim ini akan melihat kepribadian yang santun dari teman-teman muallaf, dan bisa jadi mereka akan tertarik juga masuk Islam," kata Wirawan, Kamis (19/2/2015).

Selain itu, ia menyatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya memotivasi para muallaf muslimah Tionghoa bersemangat menutup aurat.

"Dengan menjadi muslimah, sedikit demi sedikit mereka harus mengubah kebiasaan yang dulu biasa mereka lakukan. Misalnya memakai rok pendek, baju lengan pendek dan lainnya. Karena muslimah kini harus menutup auratnya," imbuh Wirawan.

Dalam lomba ini, para muallaf Tionghoa dibebaskan mengkreasikan model jilbab sesuai selera mereka. Seperti yang jiwanya pemalu, dia akan mengkreasi jilbabnya layaknya anak sekolah yang baru belajar berhijab. Yang suka tampil gaya, akan memberikan pernak-pernik berwarna-warni.

"Agar mereka sadar, dengan mengenakan hijab dan menutup anggota tubuhnya mereka tetap tampil cantik‎," pungkas dia.

Selain digelar di Masjid Muhammad Cheng Ho, lomba ini juga digelar di sejumlah tempat yakni Masjid Al Fallah, Al Fatah, Al Akbar, Masjid Rahmat dan tempat lainnya.

Kegiatan ini hasil kerja sama KWM dan Persatuan Islam Tionghoa (PITI) serta Masjid Cheng Ho Surabaya. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini