Sukses

SBY: Pengurus Partai Itu Urusan Kami, Bukan Menkumham

SBY mengatakan, kepengurusan yang diumumkan saat ini merupakan tahap pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Kepengurusan baru Partai Demokrat telah diumumkan Ketua Umum Partai, Susilo Bambang Yudhoyono. Susunan kepengurusan itu akan disampaikan kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) pekan depan.

SBY mengatakan, kepengurusan yang diumumkan saat ini merupakan tahap pertama. Tahap selanjutnya, akan diumumkan secara lengkap Juni mendatang.

Saat menyampaikan kepengurusan, SBY sempat menyindir tugas dan fungsi Menkumham dalam kepengurusan sebuah partai. Dia menilai, Menkumham hanya berhak mengesahkan kepengurusan partai.

"Menkumham bukan pada posisi menyetujui atau tidak kepengurusan sebuah partai, karena itu urusan kami. Partai menyerahkan ke Menkumham hanya seperti sudah sah lah begitu, diakui negara," kata SBY di Raffles Hills, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/5/2015).

SBY menambahkan, pihaknya akan datang ke Menkumham untuk menyerahkan daftar kepengurusan kalau semua sudah lengkap. Adapun posisi yang belum terisi adalah Ketua Divisi, Ketua Departemen, Ketua Bidang Urusan.

"Susunan pengurus lengkap nanti akan kami umumkan jelang pelantikan Juni mendatang. Minggu depan susunan pengurus lengkap akan kami serahkan ke Kemenkumham sesuai undang-undang yang berlaku," pungkas dia.

Belakangan kinerja Menkumham Yassona H Laoly memang sedang menjadi sorotan. Keputusannya tentang kepengurusan Partai Golkar dan PPP digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Dalam 2 kasus itu Menkumham kalah. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.