Sukses

JK: SDM Berkualitas Jadikan Korea dan Jepang Negara Maju

Wapres JK menekankan bahwa universitas merupakan tempat untuk mendapatkan ilmu.

Liputan6.com, Makassar - Pendidikan yang berkualitas dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Dan salah satu tempat yang menyediakan bekal pendidikan dan ilmu pengetahuan adalah perguruan tinggi.

Terkait itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan bahwa universitas merupakan tempat untuk mendapatkan ilmu. Menurut politisi yang akrab disapa JK itu, negara mana pun yang ingin maju tentu mengandalkan SDM yang memiliki pengetahuan. Bahkan, SDM unggul lebih penting ketimbang hanya mempunyai kekayaan sumber daya alam.

"Coba kita lihat Korea, Jepang yang menjadi negara maju. Meski tak memiliki sumber daya alam yang memadai, kedua negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang berkualitas karena ilmu pengetahuan yang dimilikinya," ucap JK saat memberikan sambutan dalam peresmian gedung baru Menara Iqra Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/6/2015).

Dalam pidatonya, JK juga menyatakan sangat gembira melihat pembangunan gedung tersebut telah selesai meski memakan waktu 8 tahun.

"8 Tahun sebelumnya saya melihat pemancangan batu pertama gedung ini dan alhamdulillah kembali berdiri meresmikannya," ujar Wapres yang berasal dari Bone, Sulawesi Selatan tersebut.

Peresmian gedung baru Menara Iqra Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/6/2015). (Liputan6.com/Eka Hakim)

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Irwan Akil mengungkapkan, pembangunan gedung baru Menara Iqra ditandai pemancangan batu pada 22 Juli 2007 oleh JK dan kini kembali diresmikan olehnya.

Pembangunan gedung berlangsung selama 8 tahun. Gedung berdiri di atas tanah seluas 26.726 meter persegi dengan tinggi gedung 76 meter, dan 17 lantai.

"Pembangunan gedung menggunakan total anggaran sejumlah Rp 72,1 miliar. Di mana gedung tersebut akan digunakan sebagai ruang pelayanan dan penerimaan mahasiswa baru sekaligus sebagai perkantoran dan pada lantai 10-15 dijadikan hunian," terang Irwan di hadapan Wapres JK dan beberapa pejabat setempat. (Ans/Ado)

Video Terkini