Sukses

Jaksa Agung: Yang Dilakukan Rio Tak Ada Kaitan dengan Kejaksaan

Prasetyo membantah isu yang menyebut ada komunikasi jaksa dengan mantan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capela.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, pihaknya tidak bisa seenaknya dituding melakukan pengamanan kasus Bansos Sumut tahun 2011-2013. Ia juga membantah isu yang menyebut ada komunikasi jaksa dengan mantan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capela.

"Jangan berpikir kami dipengaruhi dan ada pengamanan kasus. Saya minta semua yakin kami tak ada hubungannya dengan apa yang dikerjakan Rio Capela," kata Prasetyo saat dihubungi di Jakarta, Senin (19/10/2015) malam.

Ia pun menyatakan, belum adanya tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana Bansos Sumut yang kini ditangani pihaknya semata-mata karena kehati-hatian penyidik menyimpulkan perkara.

Selain itu, pihaknya tidak mau lagi jadi pecundang di sidang praperadilan yang biasanya akan segera diajukan tersangka seusai penetapan.

"Kalau banyak yang tanya mengapa belum ada tersangka, hingga saat ini kami bekerja sangat serius untuk bangsa ini sesuai fungsi kita. Seperti kita ketahui, banyak yang mengajukan praperadilan. Kami ingin menguatkan bukti-bukti," ujar mantan politisi Nasdem itu.

Soal sadapan yang menyebutkan ada perbincangan jaksa dengan Rio Capela, dirinya mengaku tidak tahu sama sekali. Dan sampai saat ini, KPK belum memberikan masukan atau data terkait keterkaitan Rio dengan Kejagung.

"(Sadapan) Itu ya KPK yang mengetahui. Saya tidak mengetahui isinya apa. Ya KPK tidak pernah memberikan masukan soal itu (dugaan jaksa terlibat). Ya kalau KPK punya data-data itu berikan ke kita. Saat ini kan ada puluhan orang yang dikirim ke Medan memeriksa terus," beber dia. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini