Sukses


Ki Bagus Hadikusomo Bidan Lahirnya Konsensus Dasar Negara

Ki Bagus Hadikusumo berperan besar dalam perumusan Muqadimah UUD 1945 dengan memberikan landasan ketuhanan, kemanusiaan, keberadaban.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, sebagai warga Muhammadiyah pihaknya bersyukur, karena Ki Bagus Hadikusumo telah mendapatkan gelar pahlawan nasional.

"Peran Ki Bagus Hadikusumo sangat besar. Terutama lahirnya konsensus dasar negara. Meski Sila di pertama, tujuh kata itu dihapus. namun Sila pertama Pancasila seperti sekarang telah menjiwai semuanya," ujar Zulkifli lewat siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (11/11/2015).

Di hadapan peserta Tasyakur Anugerah Pahlawan Nasional Ki Bagus Hadikusumo di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta. Dia mengungkapkan, MPR telah melakukan amendemen keempat kalinya dan akan melakukan simposium terutama mengenai Sila keempat dan kelima yang mulai harus terus diimplementasikan pada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Zulkifli menyatakan dirinya sebagai kader Muhammadiyah. Dia berharap Muhammadiyah dapat melahirkan pemikiran besar dalam soal tata negara seperti yang pernah dilakukan oleh Ki Bagus Hadikusumo yang merupakan kader Muhammadiyah.

"Marilah kita teruskan perjuangan Ki Bagus Hadikusumo demi terwujudnya tatanan Indonesia yang lebih baik," pungkas Zulkifli. (Dms/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini