Sukses

Kedekatan dengan Jokowi Jadi Faktor Pendongkrak Elektabilitas Erick Thohir

Selain kecemerlangannya memimpin Kementerian BUMN, kedekatannya dengan Presiden Jokowi juga turut mendongkrak elektabilitas Erick Thohir. Bahkan sejumlah survei menyatakan Erick Thohir sebagai kandidat Cawapres 2024 terkuat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden (Cawapres) 2024 terkuat berdasarkan sejumlah lembaga survei, salah satunya Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN).

Dari hasil survei SPIN, Erick Thohir bertengger di tempat pertama dengan elektabilitas sebesar 19,2 persen. Sedangkan kandidat lainnya seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di bawah Eks Presiden Inter Milan tersebut.

Terekam Ridwan Kamil memiliki elektabilitas sebesar 16,1 persen. Sementara AHY hanya di angka 4,1 persen.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menyatakan, tingginya elektabilitas Erick Thohir juga didorong oleh hubungan dekatnya dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia bahkan menjadi menteri terbaik dan andalan Jokowi.

"Selain kedekatan dengan Presiden Joko Widodo, kinerja di BUMN juga menjadi faktor tingginya elektalibitas Erick Thohir," terang Igor.

Erick Thohir terbukti bisa menyelesaikan berbagai penugasan strategis yang diberikan Presiden Jokowi, mulai dari penanggulangan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, pemberantasan korupsi, peningkatan laba BUMN, penyelamatan sepak bola Indonesia, hingga menjadi panitia pernikahan putra bungsu presiden yakni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Erick Thohir juga berdasarkan kinerjanya. Selain itu sempat jadi ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono," pungkas Igor.

2 dari 2 halaman

Hasil Survei SPIN: Erick Thohir Kandidat Cawapres Terkuat

Sebelumnya, Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024. Hasilnya, Erick Thohir masih menempati posisi teratas disusul Ridwan Kamil. 

Berdasarkan survei terbaru SPIN yang dirilis pada Kamis (29/12/2022) dengan pertanyaan 'Seandainya Pemilihan Presiden Dilaksanakan Hari Ini, Siapakah Calon Wakil Presiden di Bawah Ini yang Akan Anda Pilih?’

Nama Erick Thohir masih menjadi pilihan utama publik dengan persentase 19,2 persen. Erick Thohir selisih 3,1 persen dari Ridwan Kamil yang meraih 16,1 persen di urutan kedua. 

Erick Thohir tetap berada di urutan teratas bursa Cawapres 2024 meskipun Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan juga masuk jajaran opsi nama dalam survei tersebut.

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dan empat sebagai kandidat Cawapres. Baru kemudian disusul nama-nama yang populer seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, hingga Ahmad Heryawan. 

Berikut hasil survei Cawapres 2024 versi SPIN:

  1. Erick Thohir (19,2%),
  2. Ridwan Kamil (16,1%),
  3. Ganjar Pranowo (12,4%),
  4. Anies Baswedan (10,7%),
  5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (4,1%),
  6. Khofifah I Parawansa (3,6%),
  7. Sandiaga Uno (3,4%),
  8. Muhaimin Iskandar (3,3%),
  9. Andika Perkasa (2,9%),
  10. Puan Maharani (2,4%),
  11. Airlangga Hartarto (2,4%),
  12. Prabowo Subianto (2,3%),
  13. Ahmad Heryawan (2,1%), dan
  14. Tidak Menjawab (15,1%).