Sukses

Makam Syekh Yusuf Dipadati Peziarah

Kuburan Syekh Yusuf, di Gowa, Sulsel, dipadati peziarah dari berbagai daerah. Mereka menjalankan ritual dan melihat pemasangan kelambu makam yang diganti saban tahun sekali.

Liputan6.com, Gowa: Para peziarah dari berbagai daerah pada Ramadan, memadati Makam Syekh Yusuf di Desa Katangka, Kecamatan Somba Opu, Gowa, Sulawesi Selatan. Selain menjalankan ritual, mereka juga melihat pemasangan kelambu makam yang hanya dilakukan sekali dalam setahun. Demikian pemantauan SCTV di lokasi makam, baru-baru ini.

Kedatangan para peziarah ke kawasan yang dikenal dengan Ko`bang Makam itu, meningkat pada awal bulan puasa. Kegiatan yang mereka lakukan di kuburan tokoh muslim itu, antara lain menuangkan minyak zaitun di batu nisan dan memanjatkan doa. Terakhir, mereka menaburkan kembang ke makan.

Ahli Tasawuf ini lahir dikerajaan Tallo pada tahun 1626. Dia meninggal dunia pada usia 73 tahun di tanah pengasingan, Afrika Selatan. Namun, atas permintaan Raja Gowa Abdul Jalil, kerangka jenazah ulama kebanggaan masyarakat Sulsel ini dipindahkan ke Gowa pada 1795. Di tempat ia dimakamkan juga terdapat pusara kerabatnya dan bangsawan kerajaan Gowa.(AWD/Iwan Taruna)