Sukses

Menkes Usul Eks Gafatar Dapat KIS

Menteri Kesehatan Nila Moeloek sudah menyampaikan usulan ini ke Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, pemerintah tidak bisa tutup mata tentang kesehatan para pengungsi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Ia pun mengusulkan agar para pengungsi itu menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Kami usul mereka dapat Kartu Indonesia Sehat (KIS), jadi bisa mendapat layanan kesehatan di mana saja," kata Nila di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Nila juga mengatakan, sebaiknya semua pengungsi ditampung di Jakarta. Sebab, jumlah Puskesmas lebih tersedia dan fasilitas kesehatan memadai. Dengan diberikan KIS, lanjut dia, eks Gafatar tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.


"Lebih baik KIS, kan gratis, di mana pun bisa, tentu di daerah tempat penampungan (juga bisa)," tutur dia.

Tidak hanya soal kesehatan fisik saja, kata dia, Kementerian Kesehatan juga akan memperhatikan kondisi kejiwaan pengungsi Gafatar, terutama anak-anak.

Nila mengungkapkan, usulan ini sudah dikomunikasikan langsung ke Presiden Joko Widodo. Namun, hal itu masih bersifat pembicaraan informal.

"Kemarin saya sudah bicara dengan Bapak Presiden walaupun secara informal, dalam rapat di Polhukam (nanti) itu yang kami ajukan," ujar Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini