Sukses

Upah Dipotong, Buruh Maspion Mogok Kerja

Ribuan buruh PT Maspion di Sidoarjo menggelar aksi mogok kerja karena adanya pemotongan upah karyawan oleh manajemen perusahaan. Aksi sempat ricuh karena demonstran menjebol pintu gerbang pabrik.

Liputan6.com, Sidoarjo: Ribuan buruh PT Maspion menggelar aksi mogok kerja di pabrik Maspion III, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/10). Aksi diwarnai kericuhan saat para demonstran menjebol pintu gerbang pabrik.

Mogok kerja ini dipicu atas kekecewaan para buruh atas pemotongan upah karyawan sebesar Rp 50 ribu yang dilakukan secara tiba-tiba oleh pihak manajemen perusahaan. Para buruh mengaku, pemotongan upah karena pihak Apindo memenangkan tututan yang diajukan serikat pekerja terkait kenaikan upah minimum.

Sebelumnya para buruh ini sejak Januari mendapatkan upah sebesar Rp 955 ribu sesuai upah minimum kota. Namun pada 5 Oktober lalu, upah mereka dipotong Rp 50 ribu tanpa pemberitahuan sebelumnya maupun alasan yang jelas.

Setelah puas menjebol pintu pagar Maspion III, para buruh kemudian berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor menuju Maspion I yang terletak di Aloha Sidoarjo. Namun karena mendapat penjagaan yang cukup ketat, mereka hanya berorasi di luar pabrik.
 
Para buruh mengancam akan terus melakukan aksi mogok kerja sampai tuntutan mereka dipenuhi pihak perusahaan. Akibat aksi tersebut, PT Maspion II dan III aktivitasnya lumpuh. Sedangkan Maspion I masih beroperasi. Sementara pihak manajemen perusahaan yang dimintai konfirmasi, tidak bersedia ditemui wartawan dengan alasan masih mengadakan rapat.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini