Sukses

Inikah Calon Menteri yang Diusulkan Golkar?

Golkar menyebut banyak kadernya yang siap jadi menteri jika Jokowi ingin memasukkan mereka dalam reshuffle kabinet mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Meski mengaku tak ingin mencampuri urusan perombakan (reshuffle kabinet), namun Partai Golkar rupanya sudah mempersiapkan sejumlah nama untuk disodorkan sebagai calon menteri kepada Presiden Jokowi.

Salah satu nama yang bakal disodorkan adalah Idrus Marham. "Pak Idrus memang salah satu, jika diminta akan direkomendasikan," kata Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu 12 Juni 2016.

Selain Idrus, kata Nurdin, masih banyak kader Golkar yang siap jadi menteri. "Kader Golkar yang bisa dan pantas jadi menteri banyak. Kita siap jika memang diminta, terutama untuk kebaikan Indonesia," sebut Nurdin.

Sementara, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono menyebut nama Siswono yang dinilai pantas menjadi menteri.

"Saya belum bisa menyebutkan nama-nama itu, kami sudah menyiapkan sejumlah nama, kalau satu, siap, dua siap, lebih siap. Oh iya, ada Siswono juga. Saya sendiri tidak tahu persis, itu saya kira hak Pak Presiden, hak prerogatif," ujar Agung.

Selain Idrus dan Siswono, ada pula Syarif Tjitjip Sutarjo, Fadel Muhammad, dan Theo L Sambuaga. Mereka punya pengalaman menjadi menteri sebelumnya.

"Mereka yang punya kemampuan, kapasitasnya (sebagai menteri) tidak berubah sampai sekarang," ujar dia.

Meski demikian, Golkar tetap menyerahkan keputusan perombakan kabinet pada Jokowi. "Itu saya kira hak Pak Presiden, hak prerogatif," tutup Agung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini