Sukses

Ahli: Jessica Cenderung Menyakiti Diri dan Orang Lain

Jessica dinilai tidak suka dikritik, sensitif, memanfaatkan orang lain, dan meninggalkannya saat orang itu tak bisa dimanfaatkan lagi.

Liputan6.com, Jakarta Guru besar kriminologi Universitas Indonesia (UI) Ronny Nitibaskara menjadi saksi kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso. Kriminolog ini juga yang diminta penyidik untuk memeriksa Jessica saat di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan).

Dalam persidangan, Ronny mengungkapkan ada empat ciri psikopat pada diri Jessica. Kendati, dia menyatakan Jessica bukan termasuk penderita psikopat.

"Karena ada 22 ciri-ciri seseorang psikopat. Jadi sekali lagi, Jessica tidak termasuk psikopat," ujar Ronny di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016).

Setelah dua kali mengamati Jessica secara langsung, ditambah pengamatan CCTV di Kafe Olivier, ‎Ronny meyakini Jessica bukan psikopat. Namun dia memiliki tipe khusus.

"Menurut saya, dia ini termasuk tipe-tipe yang disebut dengan gabungan narcissistic dan emotionally unstable personality," kata dia.

Ronny mengatakan, tipe tersebut memiliki banyak ciri-ciri. Biasanya, seseorang dengan tipe emotionally unstable personality memiliki perasaan yang mudah berubah-ubah. Dia juga tidak mudah mengingat kebaikan orang lain, namun memiliki kebutuhan yang besar untuk dicintai.

"Tidak suka dikritik, sensitif, memanfaatkan orang lain, dan meninggalkannya saat orang itu tak bisa dimanfaatkan lagi," tutur Ronny.

Selain itu, kata Ronny, tipe tersebut juga mudah menyakiti orang lain jika keinginannya tidak dapat terwujudkan. Tipe itu memiliki keinginan kuat, bahkan sedikit banyak memiliki dorongan untuk merencanakan menyakiti.

"Tipe yang melekat pada Jessica ini cenderung menyakiti dirinya atau orang lain. Tapi patut diingat, tidak semua ciri-ciri itu melekat pada diri Jessica," pungkas Ronny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini