Sukses

Kapolri Lantik 5 Kapolda Baru dan Kabaintelkam

Komisaris Besar Polisi Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Liputan6.com, Jakarta - Jabatan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri resmi berpindah dari Komjen Noer Ali ke Irjen Lutfi Lubhianto. Lutfi menggantikan Noer Ali yang telah memasuki masa pensiun.

Acara serah terima jabatan (sertijab) Lutfi dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Rabu (12/10/2016) pagi.

Selain Lutfi yang dilantik sebagai Kabaintelkam, ada lima Kapolda yang turut dilantik. Lima Kapolda tersebut di antaranya, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel sebagai Kapolda Sumatera Utara menggantikan Irjen Pol Budi Winarso.

Brigjen Sudjarno dilantik sebagai Kapolda Lampung, menggantikan Brigjen Ike Edwin. Brigjen Yovianes Mahar dilantik sebagai Kapolda Bengkulu menggantikan Brigjen Ghufron.

Selanjutnya, Brigjen Anton Wahono Sudarminto dilantik sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung menggantikan Brigjen Yovianes Mahar. Kemudian Komisaris Besar Polisi Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

"Bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan Undang-Undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab," ucap Kapolri yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Usai membacakan sumpah jabatan, seluruh Pati yang dilantik hari ini langsung menandatangani nota serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru. Kemudian, mereka juga menyerahkan tongkat komando kepada masing-masing pejabat baru.

Rotasi kepemimpinan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri ‎ ST/2434/X/2016, tertanggal 5 Oktober 2016, yang diperoleh Liputan6.com, Rabu 5 Oktober 2016 malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.