Sukses

Hujan Deras Rusak Tanaman Bawang

Puluhan hektare tanaman bawang merah di Pemalang, Jateng, rusak dan membusuk akibat tingginya curah hujan. Alhasil, petani pun mengalami rugi besar lantaran bawang merahnya harus dipanen dini.

Liputan6.com, Pemalang: Puluhan hektare tanaman bawang merah di Pemalang, Jawa Tengah, rusak dan membusuk akibat tingginya curah hujan. Bawang merah yang sejatinya belum cukup umur terpaksa dipanen dini. Alhasil, para petani pun mengalami kerugian besar.

Salah seorang petani bawang merah di wilayah Wanarejan, mengaku rugi hingga Rp 50 juta. Saat ini, ia hanya memperoleh hasil panen senilai Rp 100 juta. Padahal, untuk menanam bawang merah seluas 2, 5 hektare, ia menghabiskan modal hingga Rp 150 juta.

Untuk memperoleh hasil panen yang bagus, umur bawang merah minimal telah mencapai 60 sampai 62 hari. Namun, karena terus diguyur hujan, ia terpaksa memanen pada usia 49 hari.

Dengan kerugian cukup besar tersebut, para petani mengaku baru akan menanam bawang merah lagi setelah cuaca kembali normal. Dan, umumnya, curah hujan akan mulai berkurang setelah perayaan tahun baru Imlek, sepekan mendatang.(ASW/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini