Sukses

Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan untuk Warga Rohingya

Bantuan itu dikirim oleh pemerintah RI, dalam hal ini Sekretariat Kabinet kepada Kementerian Luar Negeri Myanmar di Yangoon.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Myanmar melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis pagi.

"Segera akan kita berangkatkan 10 kontainer barang-barang yang akan dikirim ke Myanmar untuk membantu saudara-saudara kita di Rakhine State, utamanya umat muslim," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (29/12/2016).

Barang-barang yang dikirimkan Indonesia ini merupakan barang-barang yang diminta masyarakat Rohingya. Hal ini didapat setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkomunikasi dengan pemerintah Myamnar. Bantuan akhirnya berhasil dikumpulkan dari berbagai pihak, baik masyarakat, pengusaha, maupun pemerintah.

Jokowi menegaskan, bantuan ini menunjukkan Indonesia telah melaksanakan tugas kepedulian terhadap sesama tanpa kegaduhan dan tanpa megaphone diplomasi.

"Saya telah mengutus Menlu untuk bertemu dengan state conselor Myanmar untuk menyampaikan pesan kemanusiaan. Segera buka bantuan kemanusiaan di Rakhine State, ciptakan stabilitas keamanan dan perlunya perlindungan dan penghormatan hak asasi manusia bagi komunitas muslim," ujar Jokowi.

Jokowi berharap bantuan dari Indonesia ini dapat diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian sesama.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim bantuan kemanusiaan Indonesia saya berangkatkan," ucap Jokowi.

Bantuan kemanusiaan itu sebanyak 10 kontainer, terdiri atas satu kontainer berisi sarung, lima kontainer mi instan, tiga kontainer terigu, dan satu kontainer biskuit atau sereal untuk makanan bayi.

Bantuan itu dikirim oleh pemerintah RI, dalam hal ini Sekretariat Kabinet kepada Kementerian Luar Negeri Myanmar di Yangoon.

Hadir pula dalam acara pelepasan pengiriman bantuan itu antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, dan Dirut PT Pelindo II Elvyn GM.