Sukses

Alat Pengering Ikan, Solusi di Musim Hujan

Nelayan di Kenjeran, Surabaya, Jatim, mengeluhkan produksi ikan kering yang merosot pada musim hujan. Alat pengering ikan buatan Institut Teknologi Sepuluh November bisa menjadi solusi.

Liputan6.com, Surabaya: Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Jawa Timur, berhasil menciptakan alat pengering ikan. Penemuan itu disambut gembira para nelayan di kawasan Kenjeran. Sebab, selama musim penghujan, produksi ikan kering mereka selalu merosot tajam. Demikian diungkapkan pembimbing penelitian Djatmiko Ichsani di Surabaya, baru-baru ini.

Djamiko menjelaskan, alat pengering tersebut terdiri dari lima komponen utama. Komponen itu di antaranya, kolektor matahari yang berfungsi menyerap panas matahari, bidang pemanas yang dilengkapi sirip-sirip penghantar panas dari kompor gas atau minyak, dan lemari pengering. Satu unit alat pengering, kata Djatmiko, bisa mengeringkan ikan sebanyak satu kuintal per 2,5 jam. Biaya pembuatan alat pengering itu mencapai Rp 25 juta per unit. Tapi, menurut Djatmiko, biaya pembuatan bisa ditekan sebesar 30 persen jika para nelayan mau urunan.(KEN/Hasan Sentot dan Joko Sulistyo Budi)
    Video Terkini