Sukses

Mau Kurban Sapi Wagyu? Ini Harganya

Doni menjelaskan, sapi wagyu lahir di Jepang. Di Indonesia sendiri jumlahnya masih sedikit.

Liputan6.com, Depok - Sebuah sentra perdagangan hewan kurban di Kelapa Dua Depok menawarkan sapi mahal. Bagaimana tidak, estimasi harga daging perkilogram berkisar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

Sapi tersebut dikenal dengan nama wagyu. Saat ini, Doni menyediakan 18 ekor untuk masyarakat yang hendak berkurban di Hari Raya Idul Adha.

Harga per ekornya dipatok antara Rp 75 juta sampai Rp 200 juta. Tergantung dari marbling atau kadar lemak yang terkadung di dalam tubuh sapi tersebut.

"Kalau kadar lemaknya di angka 95 harganya semakin mahal. Kenapa mahal? karena memang untuk mendapatkan itu membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 400 hari," terang Doni, Kamis (3/7/2017).

Dia menjelaskan, sapi wagyu lahir di Jepang. Di Indonesia sendiri jumlahnya masih sedikit. Angkanya sekitar 3 ribuan dan cuma ada di daerah Lampung.

Meski bukan berasal dari Indonesia, Doni menjamin sapi wagyunya aman dan halal dikonsumsi karena perawatan sangat berbeda dari negara asalnya.

"Kami jelas memperhatikan pola makanannya. Kami pastikan sapi wagyu yang kami jual halal. Karena memang perawatannya beda dengan di sana (Jepang). Sapi wagyukonsentratnya makanannya lebih tinggi," ujar dia.

Doni sengaja mendatangkan sapi wagyu bull. Dia ingin menjawab rasa penasaran masyarakat. "Selama ini masyarakat hanya mengenal dagingnya saja. Sapinya tidak kenal," terang dia.

Nyatanya, peminat sapi wagyu mulai berdatangan. Hingga hari ini sudah ada 9 ekor sapi wagyu yang telah dipesan.

"Cukup banyak yang kepingin beli," imbuh dia.

Selain menjual sapi wagyu, tempat penjualan Haji Doni juga menyediakan sapi jenis lain yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Total keseluruhannya mencapai 6.500 ekor dengan harga yang variatif.

"Kami datangkan dari Flores, Kupang, NTB, Bali, dan Jawa. Harganya Rp 14 juta, Rp 15 juta, dan Rp 17 juta," ujar Doni.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.