Sukses

Jejak Bunda Sitha Sebelum Jadi Wali Kota Tegal

Wali Kota Tegal Siti Mashita Soeparno pernah menjadi pengusaha dan memenangkan kontes kecantikan.

Liputan6.com, Tegal - Sebelum terjun di dunia politik, Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno atau dikenal juga dengan Bunda Sitha dikenal sebagai pengusaha dan pernah menjadi pemenang kontes kecantikan.
 
Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Rabu (30/8/2017), penyidik KPK menangkap Wali Kota Tegal Siti Masitha atau kerap disapa Bunda Sitha dalam sebuah operasi tangkap tangan, Selasa 29 Agustus 2017. Ruang kerjanya kini telah disegel. 
 
Juru bicara KPK Febry Diansyah membenarkan adanya OTT terhadap Bunda Sitha dan empat orang lainnya di Tegal, Balikpapan, dan Jakarta. Uang ratusan juta rupiah disita sebagai barang bukti. Bunda Sitha ditangkap terkait kasus pembangunan instalasi ruang perawatan intensif RSUD Kardinah, Kota Tegal.
 
Ditangkapnya Bunda Sitha membuat puluhan warga Tegal merayakannya dengan menduduki Kantor Wali Kota Tegal karena menilai Bunda Sitha banyak melakukan penyimpangan dan kontroversial. 
 
Meski demikian, Rabu pagi pegawai kantor Wali Kota Tegal tetap bekerja seperti biasa.
 
Bunda Sitha adalah wali kota wanita pertama Tegal dan dilantik menjadi pemimpin Kota Tegal pada 2014 berpasangan dengan M. Nursholeh dari Partai Golkar.
 
Sebelum menjadi Wali Kota Tegal, Bunda Sitha terjun di dunia politik dengan menjadi caleg Partai Nasdem. Sebelumnya, perempuan yang banyak mengenyam pendidikan di luar negeri ini sempat berkarier sebagai pengusaha. Bunda Sitha juga sempat memenangi sejumlah kontes kecantikan pada tahun 80-an.

Â