Sukses

Pastikan Zona Aman, Mensos Khofifah Cek Pos Pantau Gunung Agung

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa kunjungi pos pantau Gunung Agung di Karangasem, Bali, guna mengetahui kondisi di sekitar lokasi.

Fokus, Karangasem - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pos pantau Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem, untuk memastikan daerah batas zona aman jika terjadi erupsi Gunung Agung. Selain itu, kunjungan Mensos juga untuk mendapatkan penjelasan langsung mengenai pemetaan wilayah sekitar Gunung Agung dari Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis (28/9/2017), PVMBG membagi kawasan zona merah di bawah 6 km dari puncak Gunung Agung, kawasan berbahaya berjarak 6-9 km, sedangkan zona aman di atas 12 km dari puncak gunung.

Namun, banyak warga yang tinggal di zona aman mengungsi karena merasakan gempa yang semakin sering akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung.

Sementara itu, Lapas Kelas Dua B Amlapura, Karangasem, dikosongkan untuk menjaga keselamatan para napi yang menghuninya. Kompleks lapas tampak lengang dan hanya dijaga para petugas lapas setempat.

Sebanyak 167 napi dewasa yang menghuni lapas tersebut telah dipindahkan ke Lapas Bangli, bersama dengan 24 napi anak yang lapasnya berdekatan, pada Selasa, 26 September 2017.