Sukses

Gaya Serius Jokowi Nobar Film G30S/PKI

Sejak awal menonton pukul 20.05 WIB, Jokowi tidak bergeser dari tempat duduknya sampai penayangan berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terlihat serius menyaksikan film Pengkhianatan G30S/PKI di lapangan teknis Makorem 061/Suryakancana, Kota Bogor, hingga tuntas pada Sabtu, 30 September 2017 dini hari.

Film berdurasi kurang lebih empat jam tersebut berakhir pada pukul 00.35 WIB. Presiden yang sejak awal menonton film pada pukul 20.05 WIB, tidak bergeser dari tempat duduknya sampai penayangan berakhir. 

Panglima Gatot yang duduk bersebelahan dengan Jokowi mengungkapkan bahwa Presiden sangat serius menonton film tersebut. Saking seriusnya, tidak ada komentar yang disampaikan Jokowi saat menyaksikan film produksi orde baru itu. 

"Beliau tidak ada komentar, beliau serius saksikan film, jadi sama-sama serius," kata Gatot seperti dilansir dari Antara.  

Terkait dengan tindak lanjut setelah penayangan film Pemberontakan G30S/PKI apakah akan ada pembuatan film lanjutan, Gatot Nurmantyo mengatakan belum mengetahui.

"Selanjutnya saya belum tahu kan. Presiden Jokowi menyatakan akan membuat film yang disesuaikan dengan era sekarang, supaya lebih menarik lagi," kata Gatot.

Presiden Joko Widodo bersama jajaran TNI, Polri dan masyarakat Bogor nonton bareng film 'Pengkhianatan G30S/PKI' di Bogor (29/9). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres)

Saat ditanyakan apakah pembuatan filmnya sudah dilakukan atau belum, Gatot mengaku belum mengetahuinya. "Belum tahu, saya kan bukan Presiden," kata dia. 

Gatot mengatakan, bila ada film baru, akan ada ahli-ahli sejarah yang akan dilibatkan.

Nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI di Makorem 061/Suryakanca, Kota Bogor, Jawa Barat, dihadiri 1.000 orang terdiri atas warga, anggota TNI dan Polri, serta para taruna. 

Turut mendamping Presiden dan Panglima, yakni Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Mirza Agus, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, dan Wakapolresta AKBP Rantau.

2 dari 2 halaman

Tampil Santai

Presiden Joko Widodo bersama jajaran TNI, Polri dan masyarakat Bogor nonton bareng film 'Pengkhianatan G30S/PKI' di Bogor (29/9). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi yang datang menggunakan mobil sedan B 1197 RFS, tiba pukul 20.05 WIB sebelum penayangan. Presiden duduk lesehan bersama warga. Presiden tampil santai menggunakan jaket berwarna merah dan celana berwarna hitam.

Dari awal penayangan hingga akhir, Presiden tetap fokus dan serius menyaksikan pemutaran film itu. Dia jarang berganti posisi duduk, sedangkan makanan yang disediakan juga tidak habis dicicipinya. 

Udara malam di sekitar tempat itu cukup dingin, karena awal penayangan hingga setengah jalan, hujan gerimis mengguyur wilayah Kota Bogor.

Sementara, Panglima TNI datang terlambat, dia datang pada pukul 23.29 WIB. Gatot pun masih menyempatkan diri ke kamar kecil dan kembali serius menyaksikan penayangan film itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:Â