Sukses

Kahiyang-Bobby Akan Jalani Ritual Siraman Hari Ini

Jokowi berharap agar putrinya dan Bobby dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, rangkaian prosesi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution akan dimulai hari ini. Rangkaian acara dimulai dari pemasangan bleketepe, siraman, dan sadeyan dawet pihak putri bertempat di kediaman pribadi Jokowi.

Sementara prosesi siraman di pihak calon pengantin pria dilakukan pada hari yang sama, tapi di tempat yang berbeda, yakni di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

"Mulai siraman, mulai midodareni. Hari H, sudah. Doakan saja semuanya lancar," kata Jokowi di kediamannya, Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah, Senin, 6 November 2017.

Pada malam harinya, sehari sebelum pernikahan, di kediaman pribadi Jokowi digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni pada pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Presiden Jokowi akan menikahkan sendiri putri satu-satunya di Gedung Graha Saba Buana Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu, 8 November 2017.

"Saya sendiri yang akan menikahkan," ujar Jokowi.

Jokowi pun mengungkapkan perasaannya jelang pernikahan Kahiyang-Bobby. Sebagai seorang ayah, dia mengatakan ini merupakan waktu yang tepat bagi Kahiyang untuk melepaskan masa lajangnya.

"Ya, memang sudah saatnya untuk berumah tangga, bermasyarakat, ya itu sesuatu yang normal," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tak lupa, Jokowi pun berharap agar putrinya dan Bobby dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

"(Kahiyang-Bobby) bisa membangun keluarga yang sakinah mawadah-warahmah. Ya pesan (khusus) nanti hari Rabu," kata Jokowi.

 

2 dari 2 halaman

Wilujengan

Dalam pernikahan putri semata wayangnya ini, Presiden Jokowi mengundang para pejabat di Indonesia. Tidak hanya itu, dia juga mengundang tetangga sekitar rumah serta para pedagang kaki lima (PKL).

"Semua diundang, tetangga diundang, saudara diundang, PKL diundang," kata Presiden Jokowi.

Sebelum midodareni, keluarga dan kerabat dekat Kahiyang telah menggelar selametan atau wilujengan. Acara ini berlangsung di kediamannya Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Acara wilujengan ini dimulai pukul 16.00 WIB dengan mengundang tetangga sekitar rumah.

Saksikan video di bawah ini: