Sukses

Detik-Detik Jokowi Menahan Tangis Saat Sungkeman Kahiyang

Menurut Jokowi, dia bersama Iriana Joko Widodo terharu saat prosesi sungkeman putrinya yang akan disunting Bobby Nasution.

Liputan6.com, Jakarta - Tangis Kahiyang Ayu pecah ketika sungkeman dengan kedua orangtuanya, Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana. Dengan pakaian basahan dan duduk bersimpuh di depan kedua orangtuanya, dia meminta restu atas pernikahannya dengan Bobby Nasution.

Memegang kertas berwarna putih, Kahiyang terbata-bata kala meminta restu kepada kedua orangtuanya. Jokowi terdiam, tangannya diletakkan di atas paha. Sedangkan sang ibunda terlihat tersenyum beberapa kali.

Tak lama kemudian ketika membaca kertas berisi permintaan restu, tangis Kahiyang pun pecah.

Dengan suara terbata, Jokowi pun memberikan restunya pada sang putri untuk menikah dengan Bobby.

"Anakku wedok, Bapak dan Ibu tansah paringi pangestu mugo-mugo nggonmu bebrayan pikantuk Allah Subhanahuwataala. Tansah dadio keluarga ingkang sakinah mawadah warohmah. Amin," ucap Jokowi kepada Kahiyang.

Dengan ucapan itu, Jokowi dan Iriana memberikan restu pada Kahiyang untuk menikah dengan Bobby Nasution. Jokowi juga mendoakan agar rumah tangga putri semata wayangnya itu diberkahi Tuhan, serta menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warohmah.

Kahiyang pun memegang tangan Jokowi. Sang ayah beberapa kali menepuk pundak anak perempuannya itu.

Kahiyang lalu meletakkan tangan di bagian lutut Jokowi sambil tersenyum. Namun, wajah sang ayah terlihat seperti menahan tangis dan tatapannya ke arah bawah.

Sedangkan sang ibu, menyunggingkan senyumnya melihat Kahiyang yang akan segera dipersunting Bobby Nasution.

Sementara itu, Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, dan adiknya Kaesang Pangarep serta keponakannya Jan Ethes menyaksikan ritual tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi ke Kahiyang

Pesiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan kepada putri semata wayangnya Kahiyang Ayu agar bersabar dalam berumah tangga.

"Kalau saya hanya hati-hati membina rumah tangga, yang sabar, yang sabar," kata Jokowi menjelaskan ucapan yang dibisikkan kepada Kahiyang saat prosesi sungkeman di kediaman Presiden di Kelurahan Sumber, Solo, Jawa Tengah pada Selasa (7/11/2017).

Menurut Jokowi, dia bersama Iriana Joko Widodo terharu saat prosesi sungkeman putrinya yang akan disunting Bobby Nasution pada Rabu besok. Presiden juga mendoakan rumah tangga Kahiyang dan Bobby langgeng dan juga mengharap doa dari masyarakat.

"Karena apa pun Kahiyang ini sudah dari kecil sampai besar setiap hari bersama di rumah. Dan besok insyaallah setelah ijab kabul sudah mandiri membangun keluarga sendiri. Kita berdoa dan mohon doa restunya agar Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution bisa membangun keluarga yang sakinah mawadah warohmah," kata Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: