Sukses

Polri Mutasi Ratusan Perwira, Rikwanto Jadi Karo Multimedia

Martinus Sitompul menjelaskan, proses mutasi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Tito Karnavian merombak posisi dan jabatan sejumlah perwira tnggi dan perwira menengah di lingkungan Polri. Ada sebanyak 475 Pati dan Pamen Polri yang dibebaskan dari jabatan lama dan dimutasi ke jabatan baru.

Mutasi tersebut terlampir dalam tujuh surat telegram (TR) Kapolri nomor ST/2750/XI/2017, ST/2751/XI/2017, ST/2752/XI/2017, ST/2753/XI/2017, ST/2754/XI/2017, ST/2755/XI/2017 dan ST/2756/XI/2017 tertanggal 16 November 2017 yang ditandatangani As SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul menjelaskan, proses mutasi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri.

"Untuk kebutuhan organisasi, sebagai pembinaan karier, tour of duty dan tour of area," ucap Martinus dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (17 /11 /2017).

Dalam surat telegram rahasia tersebut antara lain dinyatakan Brigjen Pol Rikwanto akan melepas jabatannya sebagai Karopenmas. Selanjutnya dia akan dipindah tugas sebagai Karo Multimedia Divisi Humas Polri.

Sementara jabatan Rikwanto akan digantikan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Mohammad Iqbal. Yang bersangkutan diketahui pernah menduduki jabatan sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya sebelum dipindahtugaskan ke Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Irjen Iza Fadri

Rikwanto juga membenarkan surat telegram rahasia tersebut.

"Mutasi para perwira menengah dan perwira tinggi yang ada sekarang ini adalah dalam rangka penyegaran. Promosi jabatan dan yang memasuki akhir dinas karena pensiun," ucap Rikwanto saat dikonfirmasi.

Tak hanya itu, ada juga nama Irjen Pol Iza Fadri yang dipindahtugaskan menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri. Jabatan sebelumnya adalah Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri. Iza sendiri dipersiapkan menjadi duta besar.

Posisi Koorsahli Kapolri pun digantikan oleh Irjen Pol Muktiono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Irjen Umar Septono yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri pun menggantikan posisi Muktiono sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.