Sukses

Banjir dan Tanah Longsor Kembali Melanda Bondowoso

Banjir bandang dan tanah longsor kembali melanda wilayah Bondowoso, Jatim. Bencana kali ini lebih besar dari musibah serupa dua bulan lampau yang merenggut nyawa belasan orang.

Liputan6.com, Bondowoso: Tanah longsor dan banjir bandang kembali melanda daerah Bondowoso, Jawa Timur. Musibah terjadi menyusul hujan lebat yang mengguyur daerah itu hingga tiga jam. Kondisi terparah akibat bencana itu terjadi di wilayah Desa Andungsari, Ardisaeng, dan Kupang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jatim. Bahkan, dibanding musibah serupa dua bulan silam, bencana kali ini lebih besar [baca: Situbondo Terendam Banjir Hingga Dua Meter]. "Total kerugian materi akibat bencana kali ini diperkirakan mencapai Rp 41 juta," kata Kepala Desa Ardisaeng Suudi di Bondowoso, Jatim, baru-baru ini.

Untungnya, bencana tak merenggut korban jiwa. Hal itu dapat dimaklumi, karena sebagian besar warga sudah mengantisipasi bencana susulan ini. Saat hujan, warga langsung bergotong royong mengevakuasi sejumlah perabotan yang dapat diselematkan. Tapi, bencana menyebabkan Mursidi, warga Desa Andungsari, terluka. Bahkan, dia nyaris tewas kerena tubuhnya sempat tertimbun tanah dan batu.

Bencana kali ini meluluhlantakkan lima hektare sawah yang baru saja ditanami padi. Sebuah jembatan dan musala di Desa Andungsari juga hancur. Sementara itu, seluruh kegiatan belajar dan mengajar di Sekolah Dasar Negeri Ardisaeng II pun terpaksa dihentikan. Pasalnya, tersiar kabar, bencana susulan masih akan terjadi. Apalagi, hujan deras masih terus mengguyur wilayah ini.(ZAQ/Christanto Rahardjo)
    Video Terkini