Sukses

Korem 072 Pamungkas Mengosongkan Lima Rumah Dinas

Korem 072 Pamungkas, Yogyakarta, mengosongkan paksa lima rumah dinas TNI AD yang ditempati janda dan purnawirawan. Rumah ini telah dihuni janda dan purnawirawan selama 35 hingga 40 tahun.

Liputan6.com, Yogyakarta: Komando Resor Militer 072 Pamungkas, Yogyakarta, Jumat (26/4) pagi, akhirnya mengosongkan lima unit rumah dinas TNI Angkatan Darat yang masih ditempati keluarga janda dan purnawirawan dengan paksa. Langkah ini dilakukan karena para penghuni bersikeras menolak dipindahkan [baca: Listrik Dipadamkan, Lima Janda Purnawirawan Bertahan].

Pengosongan paksa lima unit rumah dinas TNI AD di Jalan Pandega Wiratama itu dilakukan sejak pukul 06.00 WIB. Anggota Korem 072 Pamungkas menilai upaya negosiasi pengosongan rumah dinas tersebut, sepekan terakhir, sudah menemui jalan buntu. Bahkan, dua kali upaya yang dilakukan selalu dihadang para keluarga janda dan purnawirawan dengan alasan pengosongan itu tidak sah [baca: Penghuni Enam Rumah Dinas TNI Dipaksa Pindah].

Meski diiringi protes dan isak tangis keluarga janda dan purnawirawan, proses pengosongan tetap dilakukan menggunakan linggis. Pembongkaran diawali dari pintu utama yang dilanjutkan dengan semua jendela dan bagian bangunan lain serta mengeluarkan semua barang dari dalam rumah. Jajaran Korem 072 juga membersihkan sejumlah poster yang dipasang warga sebagai bentuk protes pengosongan tersebut. Rumah dinas TNI AS ini sebelumnya telah dihuni janda dan purnawirawan selama 35 hingga 40 tahun.

Sejak awal, Korem 072 Pamungkas menargetkan proses pengosongan selesai hari ini. Sementara, pintu dan jendela hasil bongkaran dibawa menuju Markas Korem 072 Pamungkas untuk disimpan dan rumah yang berhasil dikosongkan selanjutnya dijaga pasukan dari Batalyon Infanteri 403 Kentungan, selama 24 jam penuh.(PIN/Wiwiek Susilo dan Mardianto)
    Video Terkini