Sukses

Abu Bakar Baasyir Terindikasi Sakit Jantung

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana.

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). Penasihat hukum Baasyir, Guntur Fatahillah, menceritakan kondisi kesehatan kliennya.

"Sekarang itu sebetulnya jadwal kontrol. Kontrol yang memang harusnya itu di November dan yang terakhir di Januari, namun baru terlaksana hari ini. Ini kontrol karena memang kondisinya beliau belum sehat, kakinya masih sakit masih bengkak," kata Guntur di RSCM Kencana, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

Ini merupakan pemeriksaan kesehatan Abu Bakar Baasyir yang keempat kalinya. Setelah ada indikasi penyakit dalam, dokter dari lapas Gunung Sindur menyarankan Baasyir menjalani pemeriksaan di luar lapas.

"Karena ada indikasi jantung dan penyakit dalam lainnya kemudian hasil sementara observasi dan diagnosis dari dokter lapas dan dokter MER-C saat itu untuk dirujuk keluar dari dokter MER-C mintanya demikian," ucap Guntur.

"MER-C yang merawat Abu Bakar Baasyir kemudian pertama kali dirawat di RS Harapan Kita. selanjutnya dirujuklah ke RSCM untuk tindak lanjutnya," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Banyak Pemeriksaan

Namun, dia juga tak bisa memastikan kapan pemimpin Jamaah Ansharut Tauhid selesai menjalani pemeriksaan. Sebab, sejumlah proses medis harus dijalani Baasyir.

"Tergantung hasil observasi dokter. Tadi terakhir saya turun itu sedang dilakukan rekam jantung sekitar pukul 11.00 WIB. Pas masuk itu tensi, ambil darah dulu, rekam jantung abis itu apalagi saya enggak tahu lagi saya turun ke bawah," ucap Guntur.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com