Sukses

Polisi Akan Selesaikan Kasus Puisi Sukmawati di Luar Pengadilan

Sukmawati minta maaf kepada seluruh umat Muslim atas karya sastra puisi berjudul 'Ibu Indonesia' yang dibuatnya.

Fokus, Jakarta - Rabu sore, Sukmawati Soekarnoputri angkat bicara terkait puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ yang dibawakannya dalam sebuah pagelaran busana. Sukmawati mengaku tidak pernah memiliki maksud melecehkan agama Islam.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (4/4/2018), Sukmawati minta maaf kepada seluruh umat Muslim atas karya sastra puisi yang dibuatnya. Sukmawati mengaku puisi yang dibuatnya merupakan bentuk penghormatan kepada Ibu Pertiwi yang kaya dengan tradisi kebudayaan.

"Dari lubuk hati paling dalam saya mohon maaf lahir batin terhadap umat Islam di Indonesia khususnya bagi yang merasa tersinggung dengan puisi Ibu Indonesia," ujar Sukmawati Soekarnoputri.

Puisi yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri memantik reaksi umat Islam. Sejumlah kalangan menganggap puisi Sukmawati merupakan penistaan terhadap agama Islam.

Terkait puisi kontroversi tersebut, beberapa aliansi mahasiswa diantaranya Aliansi Anak Bangsa (AAB), Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan tim pembela ulama, mendatangi Bareskrim untuk melaporkan Sukmawati. Pihak kepolisian masih menyelidiki dugaan pelecehan agama. Namun belum ada rencana pemanggilan terhadap terlapor.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan terkait hasil laporan.

"Nanti kita akan menggali dari pelapor dan saksi ahli apakah yang dilaporkan merupakan suatu narapidana atau bukan. Bangsa Indonesia juga merupakan bangsa yang bermusyawarah ya. Kepolisian juga akan melakukan penyelesaian di luar pengadilan," tambah Kombes Pol Argo Yuwono.