Sukses

Mobil Kancil Diujicoba Sopir Bajaj

Jika izin Pemerintah Daerah DKI keluar, 2.000 unit mobil Kancil segera beroperasi. Para pengemudi bajaj bisa memiliki Kancil dengan mencicil setiap hari selama dua tahun.

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan sopir bajaj melakukan uji coba mobil Kancil (kendaraan kecil) di lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, Senin (27/5) siang. Tapi, belum diketahui kepastian kendaraan umum pengganti bajaj itu akan meluncur di jalan-jalan Ibu Kota. Nyono, pimpinan Koperasi Sopir Bajaj (Kosupja), menuturkan jika Pemerintah Daerah DKI mengeluarkan izin, 2.000 unit Kancil segera beredar pada tahap pertama.

Menurut Nyono, setiap sopir bajaj bisa memiliki mobil seharga Rp 40 juta ini dengan mencicil setiap hari selama dua tahun. Kini, Kosubja telah menyiapkan bantuan dana uang muka. Mobil berkapasitas lima penumpang termasuk sopir itu mampu berlari hingga 100 kilometer per jam. Kendaraan berkapasitas 450 cc itu mudah digunakan karena tidak menggunakan persneling (pengatur kecepatan). Kendaraan mirip golf car buatan PT Dirgantara Indonesia itu diperkirakan irit bahan bakar karena menggunakan gas.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso berjanji tak akan memaksa penggunaan Kancil jika jenis kendaraan baru itu akan menyengsarakan pemilik dan pengemudi bajaj [baca: Sutiyoso: Jika Menambah Masalah, Bajaj Tak Diganti].(COK/Sella Wangkar dan Rafael Setyo)