Sukses

Hadiri Deklarasi Prabowo Capres, Buruh Wajib Bayar Tiket Rp 15 Ribu

Salah satu agenda acara peringatan Hari Buruh di Istora Senayan, yaitu deklarasi dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh merayakan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Istora Senayan, Jakarta. Tak hanya merayakan May Day, massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga berencana mendeklarasikan pencapresan Prabowo Subianto.

Untuk mengikuti acara tersebut, para buruh rupanya dipungut ongkos sebesar Rp 15 ribu. Asmawi salah satu dari ribuan buruh yang datang ke Istora Senayan mengaku telah membayar lebih dulu untuk masuk arena tersebut.

"Diminta Rp 15 ribu buat tiket masuk. Sifatnya wajib," kata dia.

Uang itu dipatok oleh pihak panitia sebagai biaya tiket masuk dan konsumsi. "Diminta oleh pengurus kemarin. Katanya untuk tiket masuk sama minum," dia menerangkan.

Asmawi mengaku tidak keberatan terkait biaya itu selagi tujuanya kepentingan bersama. "Karena buat kita juga sih," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia May Day Nasional Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Riden Hatam Ajiz mengakui massa buruh yang datang ke Istora harus membayar tiket Rp 15 ribu per orang. 

"Mereka yang sudah membayar tiket Rp 15 ribu akan masuk ke Istora untuk ikut acara deklarasi bersama Prabowo," kata Riden kepada wartawan, Selasa (1/5/2018).

Pembelian tiket tersebut telah berlangsung seminggu yang lalu. Mereka para buruh yang tergabung dalam KSPI telah dikoordinasi di daerah asal masing-masing untuk membeli tiket deklarasi Prabowo di Istora Senayan.

"Koordinator wilayah yang mengatur pembelian tiket tersebut, dan saat di Istora mereka hanya menunjukkan tiket untuk masuk," ungkap Sekjen DPP Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Operasional

Riden menyebut, hasil penjualan tiket Rp15 ribu per orang tersebut akan digunakan sebagai operasional acara pendeklarasian dukungan KSPI ke Prabowo di Istora hari ini.

"Jadi kita untuk acara ini urunan bersama," katanya.

Sisa dana dari penjualan tiket dukungan deklarasi akan masuk ke dalam kas organisasi KSPI. Atau menambah biaya operasional lain yang masih dibutuhkan untuk acara KSPI.

Rencananya, setelah itu puluhan ribu massa KSPI melakukan long march dari Tugu Tani menuju Istana Negara. Pada peringatan May Day tahun ini juga digelar deklarasi dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai capres yang diusung buruh yang tergabung dalam KSPI.

Deklarasi dukungan terhadap Prabowo sebagai capres akan berlangsung di Istora Senayan pada Selasa sore pukul 15.00 WIB. Acara tersebut juga dihadiri langsung Prabowo Subianto sekaligus menandatangani kontrak kesepakatan bersama para buruh diwakili Presiden KSPI, Said Iqbal.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.