Sukses

Ketika Jokowi Melayani Murid SD Bermain Gerobak Sodor di Istana

Usai memberikan sambutannya, Jokowi kemudian diajak ikut memainkan sejumlah permainan tradisional. Pemerhati anak Seto Mulyadi turut mendampingi Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang puluhan murid sekolah dasar (SD) untuk bermain di halaman Istana Kepresidenan. Undangan ini untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dalam sambutannya, Jokowi berpesan kepada anak-anak untuk terus giat belajar dan beribadah.

"Anak-anak, saya ingin berpesan, anak-anak harus belajar yang giat ya. Selalu beribadah. Sembahyang yang baik," kata Jokowi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Tak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan kepada anak-anak agar tak lupa meluangkan waktu untuk bermain. Menurut dia, waktu bermain sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

"Kalau ada waktu, sore hari, baik hari Minggu, anak-anak harus bermain di luar ruangan. Jangan main handphone terus," ucap Jokowi.

Usai memberikan sambutannya, Jokowi kemudian diajak ikut memainkan sejumlah permainan tradisional. Pemerhati anak Seto Mulyadi turut mendampingi Jokowi.

Pertama, Jokowi diajak bermain kuda lumping dengan diiringi lagu Kuda Lumping. Tak hanya Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri turut diajak bermain.

Antara lain Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Idrus Marham, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Setelah bermain kuda lumping, Jokowi kemudian diajak bermain ogok ban, gerobak sodor, dan engklek. Jokowi, Iriana, dan anak-anak itu terlihat larut dalam permainan. Mereka tak jarang saling tertawa bersama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tebakan Nama Menteri

Sebelum bermain, Jokowi sempat memperkenalkan menteri-menterinya kepada anak-anak yang diajak bermain. Pertama, Jokowi menanyakan nama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

"Ibu Puan," kata salah satu anak menjawab.

Akhirnya, Jokowi melengkapi nama putri Megawati Soekarnoputri itu yang menjadi Menko PMK di Kabinet Kerja.

"Ibu Puan Maharani. Silakan minta hadiahnya sama Ibu Puan," kata Jokowi.

Kemudian, Jokowi kembali bertanya siapa nama Menteri Sosial saat ini. "Idrus Marham," sahut seorang anak.

Selanjutnya, Jokowi menanyakan nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. "Pak Muhadjir Effendi," jawab anak-anak yang hadir.

Berikutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bertanya siapa nama Menteri Kesehatan yang sekarang.

"Ibu Nila. Iya Profesor Ibu Nila F Moeloek," jelas Jokowi.

Terakhir, Presiden menanyakan nama istrinya yakni Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

"Ada yang tahu tidak yang namanya Ibu Jokowi yang mana?" tanya Jokowi lagi.

Setelah itu, Jokowi menyarankan anak-anak untuk meminta hadiahnya kepada bapak dan ibu menteri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.